Connect with us

Sumut

Jalanan di Kota Medan Lengang Saat Malam Takbiran

Published

on

Kota Medan sepi pada saat malam takbiran

Geosiar.com, Medan – Saat malam Takbiran untuk menyambut Idul Fitri 1441 Hijriah, Kota Medan yang penduduknya kurang lebih 2,3 juta jiwa itu tampak sepi.

Menurut pantauan pada Sabtu (23/5/2020) malam, tampak nihil mobil yang membawa orang konvoi di jalan raya, jalan potokol, dan jalan-jalan lainnya di Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tersebut.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin mengimbau umat Muslim agar melaksanakan takbiran di rumah, masjid, serta tidak melakukan konvoi di jalan raya maupun pusat kota untuk menyambut Idul Fitri 1441 Hijriah.

Seluruh masyarakat Sumut diminta melakukan takbiran hanya di rumah atau masjid, sambil berdoa supaya pandemi virus corna atau Covid-19 segera berakhir.

Sebelumnya 110 titik ruas jalan masuk Kota Medan ditutup mulai Sabtu (23/5/2020) malam, pukul 20.00 WIB hingga dengan Minggu (24/5) pukul 06.00 WIB.

Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Sonny Siregar mengatakan, ratusan titik jalan yang disekat meliputi Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang.

Ia mengatakan, penyekatan sejumlah ruas jalan di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang dilakukan untuk menghindari konvoi warga pada malam takbiran.

“Ini juga untuk mencegah penyebaran virus corona. Untuk itu kepada masyarakat, kita imbau untuk mengurangi aktivitas keluar rumah guna memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujar AKBP Sonny.

AKBP Sonny menambahkan, untuk pengamanan 770 personel disiagakan dengan perincian setiap titik penyekatan berjumlah tujuh orang terdiri atas unsur TNI/Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan petugas Dinas Kesehatan Kota Medan.