Connect with us

Sumut

Corona di Medan 24 Mei: Positif Tambah 1 Total, 198 Orang

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Medan – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Medan hari ini, Minggu (24/5/2020) kembali merilis jumlah warga Kota Medan yang terjangkit virus corona atau covid-19. Hari ini tepatnya Hari Raya Idul Fitri, jumlah pasien positif covid-19 mencapai 198 orang. Artinya bertambah satu orang apabila dibandingkan hari sebelumnya Sabtu (23/5/2020) yakni 197 orang.

Jumlah PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yaitu 126 orang dan jumlah pasien sembuh 64 orang. Sementara untuk jumlah yang meninggal dunia tembus 77 orang dengan rincian 18 posistif covid-19 dan 59 berstatus PDP ketika meninggal dunia.

Selanjutnya untuk jumlah PP (Pelaku Perjalanan) 86, OTG (Orang Tanpa Gejala) 520 dan ODP (Orang Dalam Pemantauan) 13.

Guna mencegah penularan virus corona, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution meminta kepada seluruh personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan agar mencegah terjadinya kerumunan.

Oleh karenanya, Akhyar mengimbau pengelola tempat-tempat yang berpotensi mengumpulkan banyak orang agar diingatkan dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

Akhyar menilai, Idul Fitri tahun ini berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena dirayakan dalam suasana pandemi corona.

“Tugas utama Satpol PP saat ini mencegah terjadinya kerumunan masyarakat, terutama di tempat-tempat yang rentan terjadinya kerumunan. Dalan melakukan pencegahan, utamakan pendekatan persuasif. Kemudian ingatkan pemilik maupun pengelola tempat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah,” ungkapnya.

Lanjut Akhyar, potensi terjadinya kerumunan saat ini cukup tinggi, seiring tingginya tingkat kunjungan masyarakat untuk merayakan hari raya Idulfitri. Terkait itu, Akhyar juga mengingatkan petugas Satpol PP agar meningkatkan kewaspadaan dalam melaksanakan tugas.

“Utamakan keselamatan diri kalian, artinya kalian yang harus disiplin dahulu dalam melaksanakan protokol kesehatan,” kata dia.

Setelah kalian merasa aman, tenang dan nyaman, barulah laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Tunjukkan kita sayang kepada masyarakat,” lanjutnya.