Connect with us

Sumut

Jelang Lebaran, Pemudik di Bandara Kualanamu Sepi

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Medan – Pemudik yang datang ke Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada Jumat (22/5/2020) atau H-2 Idul Fitri 1441 Hijriah/Tahun 2020 tampak sepi.

Para pemudik di Bandara Kualanamu hanya yang mempunyai persyaratan khusus untuk penerbangan sesuai dengan peraturan Kementerian Perhubungan.

Mereka berasal dari Jakarta, Kalimantan, serta beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Sementara data yang diperoleh dari PT Angkasa Pura II (Persero) menyebutkan, pada H-3 Idul Fitri 1441 Hijriah Kamis ( 21/5/2020) jumlah penumpang yang datang dan pergi di Bandara Kualanamu mencapai 537 orang dengan menunggangi 24 pesawat.

Sedangkan pada H-4 Idul Fitri 1441 Hijriah Rabu (20/5/2020) jumlah penumpang yang datang dan pergi di Bandara Kualanamu mencapai 607 orang dengan 27 penerbangan.

Lalu pada H-5 Idul Fitri 1441 Hijriah Selasa (19/5/2020) sebanyak 394 orang dengan menggunakan 23 penerbangan.

Adapun prosedur baru yang sudah ditetapkan di antaranya calon penumpang sudah harus hadir di bandara 3-4 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Didapati Terminal Keberangkatan yang merupakan Posko Pengendalian Percepatan Penanganan Covid-19 yang menjadi bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Di posko ini calon penumpang mesti memperlihatkan berkas kelengkapan perjalanan seperti tiket penerbangan, identitas diri, surat keterangan bebas Covid-19, surat keterangan perjalanan, dan berkas lain yang wajib dipenuhi sesuai SE Nomor 4 Tahun 2020.

Masih di posko yang sama calon penumpang wajib mengisi kartu kewaspadaan kesehatan (Health Alert Card/HAC) dan formulir penyelidikan epidemiologi yang disediakan personel KKP.

Apabila seluruh berkas lengkap, selanjutnya calon penumpang menuju ke meja pemeriksaan kedua. Di meja ini seluruh berkas dicek ulang. Setelah dinyatakan lengkap, calon penumpang akan mendapat surat clearance dari personel KKP.

Berbekal surat clearance dan seluruh berkas, calon penumpang kemudian menuju konter check-in untuk mendapatkan boarding pass. Setelah dari konter check-in, penumpang kemudian menuju Security Check Point (SCP) 2.

Di SCP 2, personel Aviation Security akan memeriksa surat clearance yang dipegang calon penumpang pesawat, boarding pass, dan identitas diri. Penumpang kemudian menuju boarding lounge.