Connect with us

Lifestyle

Mengingat Kembali Penyebab Nasi Gampang Basi

Published

on

Ilustrasi nasi

Geosiar.com, Lifestyle – Kaum ibu pasti sering kesal saat mengetahui bahwa nasi yang ditanak di dalam rice cooker sangat mudah basi. Apalagi jika jumlah nasi masih banyak, pasti sangat sayang jika harus dibuang.

Apabila itu masalah yang sering kamu hadapi, lebih baik mengetahui apa penyebab yang bikin nasi dalam rice cooker cepat basi. Dikutip dari Fimela.com pada Rabu (20/5/2020), berikut 3 penyebab utama nasi di dalam rice cooker gampang basi.

Mengaduk Nasi saat Sudah Matang

Hal ini hampir semua kaum ibu lakukan terhadap nasinya. Tapi mengaduk nasi setelah matang, dapat membuat nasi lebih mudah basi. Sebab, setiap bulir nasi mengandung uap panas, bila teraduk, maka uap tersebut berubah menjadi air dan membuat nasi lebih mudah basi. Sebaiknya hindari mengaduk nasi saat sudah matang.

Kebanyakan Air saat Memasak

Menanak nasi pada rice cooker harus dapat mengetahui takaran air secara tepat. Pastikan air tidak kurang atau berlebihan saat menanak nasi menggunakan. Nasi yang terlalu banyak air dan memiliki tekstur lembek dapat membuat nasi menjadi lebih mudah basi.

Tidak Menutup Rapat Rice Cooker

Hal terakhir ini menjadi yang umum dilakukan orang secara tak sengaja. Rice cooker yang tidak tertutup rapat dapat menyebabkan nasi lebih cepat basi. Udara luar ruangan yang masuk melalui celah dan membuat suhu pada rice cooker tidak stabil. Sebaiknya perhatikan kerapatan rice cooker saat hendak menanak nasi, supaya suhu rice cooker tetap stabil.