Connect with us

Lifestyle

Mandi Usai Begadang Berbahaya! Benarkah?

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Sebagian orang menjadikan mandi untuk menyegarkan tubuh dan pikirannya setelah begadang semalaman. Akan tetapi banyak juga yang meyakini bahwa mandi usai begadang ternyata membahayakan kesehatan.

Mandi setelah begadang, apalagi menggunakan air dingin, tidak dapat membahayakan kesehatan. Belum ada hasil penelitian yang dapat menjelaskan secara detail terkait bahaya mandi setelah begadang semalaman.

Artinya, secara umum, mandi usai begadang cukup aman untuk dilakukan selama Anda merasa nyaman, segar, dan tidak ngantuk saat menjalani aktivitas di siang hari.

Mandi setelah begadang menggunakan air dingin dapat memberikan sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh, yakni meningkatkan hormon endorfin, meningkatkan metabolisme tubuh, melepas stres, meredakan nyeri, menyegarkan tubuh, mencegah tubuh dari infeksi penyakit serta meningkatkan kewaspadaan.

Walaupun bahaya mandi usai begadang umumnya tidak menimbulkan efek negatif pada tubuh, bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung atau penyakit Raynaurd (penyakit yang mengganggu sirkulasi darah) ada baiknya menghindari mandi setelah begadang menggunakan air dingin.

Bahaya mandi setelah begadang pada orang-orang dengan kondisi tersebut dapat membuat tubuh shock. Apalagi jika suhu tubuh mereka cukup panas lantaran tidak tidur dan memilih berkegiatan selama semalaman suntuk.

Namun, risiko bahaya mandi setelah begadang ini terbilang sangat jarang terjadi, apalagi di iklim tropis seperti di Indonesia.

Tak hanya mandi, Anda bisa melakukan beberapa cara lainnya agar tetap segar dan tidak ngantuk usai begadang semalaman dengan cara yang aman. Berikut seperti dikutip dari Tempo.co.

  1. Berjemur di bawah sinar matahari

Agar tetap segar dan tidak ngantuk usai begadang semalaman yakni berjemur di bawah sinar matahari. Setelah begadang, jam biologis tubuh Anda menjadi berantakan. Tetapi, jam biologis bakal menyesuaikan diri dengan cahaya di sekitar Anda. Apabila matahari sudah terbit dan cahayanya Anda rasakan, jam biologis Anda pun akan disetel kembali seperti semula atau di-reset. Akibatnya, tubuh akan menganggap bahwa ini bukan saatnya Anda untuk tidur malam. Dengan berjemur di bawah sinar matahari selama beberapa menit dapat membantu Anda menjadi segar dan tidak mengantuk.

  1. Gerakkan tubuh

Menggerakkan tubuh dengan berolahraga juga dapat membuat Anda segar dan tidak ngantuk setelah begadang. Sambil berjemur di bawah sinar matahari, Anda dapat melakukan peregangan tubuh atau jalan santai di sekitar rumah selama 10 menit. Langkah ini dapat membantu meningkatkan peredaran darah sekaligus meningkatkan kekuatan otak sehingga membuat Anda lebih energik.

  1. Mandi dengan air hangat

Apabila Anda memang harus segera mandi, jangan langsung menyiram atau membasahi tubuh dengan air dingin. Sebaiknya, mulailah dengan air hangat atau air suam-suam kuku. Kemudian, Anda bisa melanjutkannya dengan membilas tubuh menggunakan air dingin secara perlahan.

  1. Mengonsumsi kafein

Minum kafein, seperti minum kopi atau teh, dapat membuat Anda tetap terjaga setelah begadang semalaman. Kafein berperan melawan salah satu zat alami tubuh yang menyebabkan Anda mengantuk. Setelah begadang, Anda membutuhkan kira-kira 100-200 miligram kafein. Takaran tersebut setara dengan 1-2 cangkir kopi atau teh hitam. Jika sehari-hari Anda sudah terbiasa minum kafein, Anda mungkin membutuhkan takaran yang lebih tinggi, tetapi tidak lebih tinggi dari 600 miligram kafein (4 cangkir kopi atau teh hitam). Anda bisa meminumnya saat siang atau sore hari.

  1. Makan protein lebih banyak

Apabila Anda ingin tetap terjaga setelah begadang, sebaiknya perbanyak makanan yang mengandung protein daripada karbohidrat. Pasalnya, makan makanan yang mengandung karbohidrat dapat membuat Anda lebih cepat kenyang. Kondisi tersebut yang menyebabkan Anda lebih mudah mengantuk.

  1. Tidur siang

Cara agar tetap segar dan tidak ngantuk setelah begadang yang paling ampuh adalah tidur di siang hari. Para peneliti mengungkapkan bahwa Anda jadi lebih fokus 34 persen lebih banyak untuk beraktivitas apabila menyempatkan tidur siang selama 26 menit. Jika Anda ingin menghilangkan rasa kantuk dengan tidur siang, cukup lakukan selama 10 menit. Jangan tidur siang lebih dari 45 menit karena berisiko membuat Anda pusing saat terbangun dari tidur.