Connect with us

Lifestyle

Tips Memilih Semangka yang Matang

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Salah satu buah yang memberikan efek segar pada tubuh ketika dikonsumsi yakni buah semangka sebab kandungannya kaya akan air. Buah semangka merupakan salah satu buah yang disukai banyak orang. Buah ini disukai lantaran rasanya yang manis nan menyegarkan.

Karena kulit luarnya yang cukup tebal, mungkin banyak orang yang kesulitan memilih semangka yang matang saat membeli. Padahal, dengan mengetahui tipsnya, kita dapat menikmati rasa semangka yang sempurna.

Melansir Thedailymeal, Kamis (13/2/2020), yuk mari simak empat tips memilih semangka yang sempurna.

Perhatikan tekstur kulit luar

Disarankan untuk tidak memilih semangka yang bagian tekstur luarnya tidak beraturan. Misalnya di salah satu sisi tampak penyok, namun di sisi lain tidak. Pilih semangka yang tidak ada memar, bintik-bintik serta bagian yang rusak alias penyok.

Diangkat

Coba angkat semangka pilihan anda. Semangka yang matang sempurna apabila diangkat akan terasa lebih berat, daripada yang terasa ringan. Berat ekstra ini jadi indikator yang cocok, melihat apakah semangka tersebut penuh dengan kandungan sari (juice) di dalamnya alias tidak kering dan tidak hambar rasanya. Bandingkan dengan semangka lainnya yang punya ukuran sama. Pilihlah semangka yang terasa paling berat saat diangkat, maka itulah yang paling matang di antara lainnya.

Yellow spot

Cari yellow spot, atau titik berwarna kekuningan yang bisa terlihat di satu sisi semangka. Yellow spot ini menjadi indikasi di mana semangka berada saat terletak di tanah pada saat masa pertumbuhan dan masa pematangan. Jika spot ini makin kuning, maka makin matang juga semangka tersebut.

Jangan memilih semangka yang spotnya terlihat berwarna pucat, putih atau malah tidak ada sama sekali. Ini artinya semangka itu terlalu dini saat dipanen.

Diketuk

Cara klasik ini ternyata memang ampuh dijadikan tips memilih semangka yang sempurna. Cukup ketuk semangka yang sudah dipilih dengan buku-buku jari tangan, dan perhatikan suara yang dihasilkannya. Jika suaranya terdengar tumpul tandanya semangka belum cukup matang. Namun jika suara ketukannya dalam dan berongga maka itulah semangka yang harus Anda pilih.