Connect with us

Dunia

Kamboja Laporkan Seluruh Pasien Covid-19 Telah Sembuh

Published

on

Bendera Negara Kamboja

Geosiar.com, Phnom Penh – Kasus terakhir virus Corona atau Covid-19 di Kamboja sudah sembuh dan telah meninggalkan rumah sakit pada hari ini, Sabtu (16/5/2020). Dengan demikian, saat ini negara Asia Tenggara itu tidak lagi memiliki kasus infeksi covid-19.

Hal itu disampaikan Kementerian Kesehatan Kamboja pada Sabtu (16/5/2020).

Kendati demikian, masyarakat Kamboja diingatkan agar terus meningkatkan kewaspadaan.

Dalam pernyataannya, Kementerian Kesehatan tidak menyatakan terkait pelonggaran pembatasan mengenai virus ini, termasuk penutupan sekolah dan pemeriksaan titik masuk perbatasan serta karantina.

Kamboja sebelumnya sudah melaporkan 122 kasus positif Corona. Tidak ada kematian sejak wabah ini pertama kali dilaporkan muncul di China, dan kemudian menyebar ke seluruh dunia.

Terakhir kali Kamboja mengumumkan kasus baru Corona pada 12 April lalu, yang berarti tak ada kasus baru selama sebulan terakhir.

Kementerian Kesehatan Kamboja menyatakan bahwa total 14.684 tes Corona sudah dilakukan sejak Januari lalu.

Menteri Kesehatan Mam Bunheng menyerukan warga untuk tetap waspada dan mengambil langkah pencegahan seperti, tidak berkumpul dalam kelompok besar.

“Kami pikir sebagian besar kasus, umumnya kasus impor, jadi kami harus berhati-hati dengan semua pos pemeriksaan di perbatasan, di bandara, di pelabuhan, di pos pemeriksaan darat,” ucap Mam Bunheng.

“Orang-orang yang bepergian dari luar negeri harus memiliki sertifikat yang menegaskan bahwa mereka tidak memiliki COVID-19. Hanya dengan begitu kita mengizinkan mereka masuk, dan begitu mereka masuk, mereka akan dikarantina selama 14 hari lagi,” tandas dia.