Connect with us

Sumut

Bertambah, Zona Merah Kota Medan Jadi 15 Kecamatan

Published

on

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution

Geosiar.com, Medan – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan merilis data terkini mengenai jumlah warga yang terpapar virus corona atau Covid-19 pada Jumat (15/5/2020) sekira pukul 18.00 WIB. Menurut data itu, hari ini ada penambahan jumlah PDP (Pasien Dalam Pengawasan) hingga 9 orang, jadi totalnya mencapai 122 orang. Sebelumnya, jumlah PDP hanya 113.

Penambahan 9 PDP itu mempengaruhi jumlah zona merah. Sebelumnya zona merah hanya ada di 8 kecamatan, namun kini karena terjadi penambahan jumlah PDP membuat zona merah bertambah 7 kecamatan, hingga total kecamatan yang masuk zona merah adalah 15. Sementara untuk zona kuning 6 kecamatan.

Jumlah pasien positif covid-19 tidak mengalami penambahan, tetap 147 orang, sama dengan jumlah sehari sebelumnya. Penambahan justru ada di jumlah pasien sembuh yakni 1 orang, sehingga totalnya mencapai 41.

Pasien meninggal dunia mengalami peningkatan, yaitu 60 jiwa, dengan rincian 45 meninggal dunia dalam status PDP dan 15 meninggal dunia dalam status positif virus ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution menilai, kini dibutuhkan kepedulian, partisipasi dan komitmen dari semua lapisan masyarakat agar pandemi covid-19 di Kota Medan segera berakhir.

Hal yang dapat dilakukan, jelasnya, yakni dengan selalu mengenakan masker saat beraktifitas di luar rumah sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Bersama kita putuskan rantai penyebaran Covid-19 ini. Dengan meningkatkan kepedulian dan kesadaran kita untuk memakai masker. Jika memakai masker artinya kita menyelamatkan diri dan orang lain. Tugas kita saling mengingatkan. Yakinlah bahwa hal kecil yang kita lakukan, memberikan dampak luar bisa bagi banyak orang,” ajar dia, Jumat (15/5/2020).

Akhyar juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap dirumah saja.

“Bagi warga yang tidak ada kepentingan keluar rumah misalnya untuk bekerja dan mencari nafkah, saya masih mengharapkan untuk warga tetap dirumah saja. Karena dengan kita berada dirumah kemungkinan kita tertular atau menularkan kepada orang lain,” ungkapnya.

“Jika harus keluar rumah harus dengan protokol kesehatan yang betul. Tetap jaga jarak dan saya terus mengimbau bagi masyarakat untuk mulai beralih kepada pola hidup bersih dan sehat, mengonsumsi makanan bergizi dan berimbang guna meningkatkan imun tubuh,” tambah Akhyar.

Berikut ini daftar Kecamatan di Medan yang masuk Zona Merah dan Zona Kuning
Zona Merah

  1. Medan Helvetia
  2. Medan Sunggal
  3. Medan Selayang
  4. Medan Tuntungan
  5. Medan Johor
  6. Medan Baru
  7. Medan Petisah
  8. Medan Barat
  9. Medan Amplas
  10. Medan Kota
  11. Medan Area
  12. Medan Denai
  13. Medan Tembung
  14. Medan Timur 15. Medan Perjuangan

Zona Kuning

  1. Medan Belawan
  2. Medan Labuhan
  3. Medan Marelan
  4. Medan Deli
  5. Medan Polonia
  6. Medan Maimun