Connect with us

Lifestyle

Jerawat di Punggung Bikin Kesal? Begini Cara Atasinya

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Tak seperti di wajah, kemunculan jerawat di punggung kerap tak disadari. Padahal, jerawat di punggung bisa sama menyakitkannya seperti yang di wajah. Hal itu menjadi alasan mengapa jerawat di punggung lebih menyebalkan.

Yang membuat semakin menyebalkan, mengatasi jerawat di punggung justru tak semudah dengan yang ada di wajah. Selain tak mudah dilihat, jerawat jenis ini juga cenderung tersebar luas di seluruh permukaan punggung.

Namun jangan khawatir, dikutip dari laman alodokter.com, Selasa (25/2/2020), berikut beberapa cara untuk mencegah atau mengurangi munculnya jerawat di punggung.

  1. Segeralah mandi setelah melakukan aktivitas yang menimbulkan banyak keringat. Jika tidak memungkinkan, gunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk membantu menyegarkan kulit dan membuang minyak berlebih.
  2. Hindarilah memakai tas punggung, karena ada beberapa kasus munculnya jerawat di punggung terkait pemakaian tas jenis ini. Pakailah tas pinggang atau tas selempang agar risiko jerawat di punggung kian kecil.
  3. Cucilah punggung dengan pembersih yang memang diperuntukkan untuk kulit yang rentan terhadap tumbuhnya jerawat. Kemudian setelah kulit bersih dan kering, oleskan krim yang mengandung benzoil peroksida pada area punggung yang berjerawat.
  4. Gunakan baju dari kain berserat alami atau kain yang bisa menjaga kulit sehingga tidak lembab.
  5. Jika kulit Anda kering, gunakan pelembap non-comedogenic. Kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan munculnya jerawat.
  6. Rutin mengganti seprai juga bisa mencegah punggung dan bagian tubuh lain terkena jerawat. Makin lama seprai digunakan, makin banyak sebum, sel-sel kulit mati, keringat, dan kuman bersarang di sana. Seprai berbahan katun lebih bagus karena tidak membuat kulit kita lembap saat tidur.
  7. Hindarilah obat-obatan tertentu yang bisa memicu timbulnya jerawat di punggung. Beberapa obat yang mengandung androgen dan lithium bisa menyebabkan jerawat.