Connect with us

Nasional

Fatwa MUI Ungkap Salat Id Boleh di Rumah

Published

on

Ilustrasi Salat Id

Geosiar.com, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa membolehkan umat Islam melakukan salat Idul Fitri atau Salat Id di rumah saat pandemi virua corona atau Covid-19. Pelaksanaan salat Id di rumah disarankan untuk masyarakat yang berada di wilayah merah pandemi Covid-19.

“Salat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah dengan berjamaah bersama keluarga atau sendiri, terutama jika berada di kawasan penyebaran Covid-19 yang belum terkendali,” dikutip dari Komisi Fatwa MUI dalam siaran pers pada, Rabu (13/5/2020).

MUI memberikan kelonggaran untuk masyarakat yang berada di wilayah dengan penyebaran Covid-19 yang sudah terkendali untuk melakukan salat Id di masjid, musala atau tanah lapang.

Akan tetapi MUI meminta ketentuan penyebaran yang terkendali harus didasarkan pada sejumlah aspek. Misalnya angka penularan yang sudah menunjukkan kecenderungan menurun dan kebijakan pelonggaran aktifitas sosial. Kebijakan itu harus didasarkan pada pendapat ahli yang kredibel dan amanah.

Sementara untuk wilayah yang bebas Covid-19, MUI mempersilahkan masyarakat untuk menggelarkan salat di masjid, musala, atau tempat lainnya. Sejumlah kawasan yang dianggap aman dari penyebaran Covid-19 di antaranya, pedesaan, perumahan terbatas yang homogen dan tidak ditemukan kasus Covid-19, serta tidak ada orang keluar-masuk kawasan tersebut.

Namun begitu, MUI meminta di manapun lokasi pelaksanaannya, salat Idul Fitri harus tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan.