Connect with us

Sumut

Terdampak Covid-19, Pers Sumut Bertemu Gubsu

Published

on

Pertemuan PWI Sumatera Utara dengan Gubsu Edy Rahmayadi

Geosiar.com, Sumut – Pers menjadi salah satu kelompok yang paling terdampak dan kesulitan untuk bertahan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, termasuk di Sumatera Utara (Sumut).

Berdasarkan hasil penelitian Dewan Pers Nasional, 71% perusahaan pers omsetnya turun lebih dari 50%.

Selain itu, dikabarkan 43,2% perusahaan pers sudah dan ada yang sedang mengambil kebijakan merumahkan karyawan tanpa menggaji.

Hal itu disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut Hermansjah dalam pertemuan dengan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Selasa (12/5/2020).

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumut Sofyan Harahap, Ketua Serikat Perusahaan Pers/Surat Kabar (SPS) Sumut Farianda Putra Sinik, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut Zulfikar Tanjung.

Dikatakan dalam pertemuan itu, peran pers dalam kehidupan bernegara, terutama media cetak sulit bertahan hidup di tengah pandemi Corona.

Kemudian diajukan kepada Gubsu usulan solusi alternatif. Misalnya kerja sama pers dengan pemerintah dan institusi pendidikan berupa iklan, advetorial dan langganan koran.

“Selama tidak menyalahi aturan, tak ada salahnya kita bicarakan solusi ini bersama. Tapi memang tak bisa kita pungkiri semua kita saat ini sedang dalam kondisi sulit. Seperti guru honor, mereka juga kesulitan. Harus kuat dan semangat kita,” ungkap Gubsu Edy Rahmayadi.

Gubsu pun mengingatkan, walaupun situasi saat ini krisis, masyarakat berharap pers tetap dapat membantu menyebarkan informasi terkait Covid-19.

“Selain tenaga medis, kalian juga garda terdepan untuk mencerahkan masyarakat kita di tengah pandemi ini,” ucapnya.