Connect with us

Dunia

Mekah Masih Lockdown, Arab Saudi Jual Air Zamzam via Online

Published

on

Ilustrasi Mekah

Geosiar.com, Jakarta – Ketua Umum (Ketum) Urusan Dua Masjid Suci Arab Saudi mengatakan, kini air Zamzam dapat didistribusikan secara online selama Ramadhan melalui platform HNAK. Seperti diketahui, Mekah masih memberlakukan lockdown untuk pencegahan virus corona atau covid-19.

Pembelian online air Zamzam merupakan bagian dari proyek yang dilakukan dengan National Water Corp (NWC) usai penangguhan penjualan di titik distribusi sebagai tindakan pencegahan selama pandemi virus corona.

HNAK merupakan salah satu platform e-bisnis Saudi yang tengah berkembang yang mendukung perusahaan-perusahaan Saudi, dengan membantu para pengusaha dan perancang memamerkan produk mereka mulai dari fashion, elektronik, dan bahan makanan.

“Distribusi akan tersedia terutama di kota Mekah. Layanan ini akan diperluas secara bertahap ke semua wilayah dan kota Kerajaan,” tulis National Water Corp di Twitter, dilansir dari Arab News, Rabu (13/5/2020).

Pelanggan online bakal diizinkan untuk membeli maksimal empat botol (masing-masing 5 liter untuk tiap botol) dan pesanan kedua dapat dilakukan 30 hari setelah pembelian pertama.

Satu botol berisi 5 liter berharga SAR 7,5 atau sekitar Rp 30 ribu dengan ongkos kirim SAR 21 (Rp 83 ribu).

Proyek Air Zamzam Raja Abdullah bin Abdul Aziz tengah mengkaji jumlah yang diizinkan dan periode distribusi sesuai dengan kondisi produksi.

Perusahaan ritel Panda juga menandatangani perjanjian untuk mendistribusikan air Zamzam di cabang-cabangnya mulai 27 April. Namun, pelanggan hanya dapat membeli maksimal dua botol air Zamzam dengan harga SAR 5 (Rp 20 ribu) per botol jika membeli di Panda.