Connect with us

Sumut

Corona 8 Mei di Sumut: Positif Bertambah 15, Jadi 157 Orang

Published

on

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah

Geosiar.com, Medan – Jumlah pasien positif virus Corona atau covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bertambah sebanyak 15 orang per kondisi Jumat (08/05/2020) sore. Artinya kini menjadi 157 orang. Pada Kamis sore, hanya sebanyak 142 orang.

Pertambahan 15 orang itu tercatat yang tertinggi di Sumut dalam sebulan terakhir ini.

Pernyataan itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah, dalam update terkini perkembangan covid-19 di Sumut, di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Jumat (07/05/2020) sore.

Pertambahan yang sangat signifikan itu, kata Aris Yudhariansyah, memaksa masyarakat di seluruh wilayah Sumut agar lebih taat lagi melaksanakan protokol pencegahan penularan virus covid-19.

“Oleh karena itu, tetaplah tinggal di rumah adalah jawaban yang paling benar dan yang paling baik sembari menunggu para peneliti dan para ahli kita menemukan vaksin yang tepat, karena kita tidak tahu siapa pembawa virus di luar” ujar Aris.

Selain itu, tidak bepergian ke luar rumah, tambah Aris, adalah langkah paling tepat.

“Tidak mudik, tidak bepergian, tetap tinggal di rumah, yang harus kita lakukan karena kita harus melindungi siapapun, terutama saudara kita yang sudah nerusia lanjut,” pesan dia.

Aris yang sekaligus Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut itu menyebutkan, jumlah pasien positif covid-19 yang sembuh sebanyak 48 orang dan yang meninggal 16 orang.

Baik yang sembuh dan meninggal sama jumlahnya dengan Kamis sore. Sehingga jumlah pasien positif covid-19 yang real dirawat di rumah sakit sebanyak 93 orang.

Sementara untuk Pasien dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat sebanyak 151 orang. Jumlah itu bertambah 5 orang daripada Kamis sore yang hanya 146 orang.

Lalu jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) menurun 35 orang, yakni menjadi 1.436 orang dibandingkan Kamis sore sebanyak 1.471 orang.