Connect with us

Dunia

Malaysia Masih Larang Warga Asing Masuk Negaranya

Published

on

Ilustrasi Bandara

Geosiar.com, Malaysia – Hingga saat ini Pemerintah Malaysia masih melarang warga negara asing (WNA) masuk ke negaranya lantaran pandemi virus corona atau Covid-19. Selain itu, penerbangan yang masuk hanya diperbolehkan membawa warga negara Malaysia saja.

“Masih dengan kebijakan kita, dasar kita, bahwa warga asing masih dilarang masuk ke negara kita. Saya baru berbicara kepada AirAsia mereka bilang tidak ada dan saya informasikan kepada mereka, kalau tidak ada Alhamdulillah bagus tetapi kalau ada kita tidak izinkan yang bukan warga negara masuk ke negara kita,” kata Menteri Pertahanan Malaysia, Ismail Sabri Yakoob dalam cuplikan video melalui telegram Majelis Keselamatan Negara, Rabu (6/5/2020).

Ismail mengatakan, yang boleh mereka bawa dari Indonesia atau negara mana pun yakni warga negara Malaysia.

“Yang mana warga negara Malaysia pun kalau masuk ke negara kita akan dikarantina 14 hari. Jadi itu kebijakan kita, karantina 14 hari. Izin untuk masuk melalui pintu sepadan dari mana pun adalah warga negara saja sedangkan warga lain tidak dibenarkan memasuki negara kita,” tutur dia.

“Kalau ada AirAsia dari Indonesia mereka perlu akur oleh arahan yang dikeluarkan pemerintah,” tambahnya.

Dirinya mengatakan, hingga Rabu, sebanyak 245 pusat karantina sudah beroperasi sama seperti hari sebelumnya yang mana 17.107 orang sedang menjalani proses karantina wajib.

“Tadi malam sebanyak 350 warga Malaysia telah pulang ke tanah air dan telah dikarantina wajib,” katanya.

Sebanyak 29.026 warga Malaysia yang pulang dari luar negeri sudah dikarantina wajib sejak 3 April 2020.

Sementara sejak 17 April sebanyak 17.647 orang telah selesai menjalani tempo karantina wajib dan dibenarkan pulang.