Connect with us

Sumut

Akhyar Nasution: “Gunakan Masker Demi Kesehatan Bersama”

Published

on

Medan, Geosiar.com – Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution menyampaikan bahwa penggunaan masker sangat penting. Karena masker dapat meminimalisir penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang kini merebak di Kota Medan.

Pesan ini disampaikan Akhyar kepada pengguna jalan yang tidak mengenakan masker serta yang diberhentikan petugas saat meninjau pos check point operasi ketupat toba 2020 Polrestabes Medan yang berada di perbatasan Kota Medan dengan Kabupaten Deli Serdang di Kelurahan Bangun Mulia Kecamatan Medan Amplas, Rabu (6/5/2020).

“Kita harus disiplin mengenakan masker karena masker dapat menghindarkan kita dari terpapar Virus Corona karena menggunakan masker menjadi salah satu upaya yang efektif untuk mencegah virus tersebut masuk ke tubuh kita” jelas Akhyar.

Pasca pembatasan di beberapa wilayah yang dilaksanakan Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) guna memantau keluar masuknya warga dan arus mudik serta mencegah penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19). Peninjauan ini bertujuan untuk memantau arus masyarakat yang akan masuk ke Kota Medan berikut dengan pemantauan kondisi kesehatan dan penggunaan masker masyarakat tersebut.

Setiap masyarakat yang akan masuk ke Kota Medan, petugas kesehatan akan mengecek terlebih dahulu suhu tubuh dengan menggunakan thermogun dan apabila terdeteksi suhu tubuh diatas 37,5 C akan diarahkan untuk memutar balik atau kembali ke daerah semula. Begitu juga jika ada pengendara yang tidak menggunakan masker maka petugas juga akan memberikan masker kepada pengendara tersebut.

Setibanya di lokasi, Akhyar yang didampingi Kasatpol PP Kota Medan H M Sofyan, Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring, Kabag Tapem Ridho Nasution, Kabag Humasy Arrahman Pane, Camat Medan Amplas Edi Mulia Matondang beserta jajaran langsung memeriksa pengendara yang tidak menggunakan masker serta mengecek suhu tubuh yang dilakukan oleh petugas puskesmas Kecamatan Medan Amplas.

Hingga pemantauan ini berlangsung, masih dijumpai beberapa warga yang belum menyadari pentingnya menggunakan masker seperti halnya pengendara mobil, sepeda motor maupun penumpang angkutan umum. Selain itu, ada warga yang terdeteksi memiliki suhu tubuh 38 C, mendapati hal tersebut petugas mengambil tindakan dengan cara meminta warga tersebut untuk memutar balik atau kembali ketempat asalnya. (lamru)

Advertisement