Connect with us

Sumut

2.200 TKI dari Malaysia bakal Kembali ke Indonesia Melalui Sumut

Published

on

Ilustrasi TKI tiba di Sumut


Geosiar.com, Medan – Dikabarkan sedikitnya akan ada 2.200 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia yang bakal masuk lagi ke Indonesia melalui Sumatera Utara (Sumut) pasca pandemi virus coroba atau Covid-19.

“Pemerintah kabupaten/kota di pantai timur seperti Batubara, Asahan dan Tanjungbalai diminta melakukan persiapan penanganannya, terutama untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Sumut,” tutur Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut, R Sabrina di Medan, Selasa (5/5/2020).

Sabrina menyatakan pemkab/pemkot mesti menyiapkan sejak awal langkah -langkah penerimaan TKI itu. Mulai dari menyiapkan protokol kesehatan hingga persiapan tempat karantina sementara

Sabrina mengingatkan setiap TKI yang masuk harus melalui prosedur protokol kesehatan penanganan COVID-19, termasuk pemeriksaan dengan menggunakan tes cepat (rapid test).

“Bila ada yang positif langsung dibawa ke rumah sakit rujukan dan TKI yang negatif dibawa ke lokasi karantina,” jelasnya.

Sabrina mengingatkan agar transportasi dari pelabuhan menuju karantina juga sebelum dan sesudah mengangkut TKI harus disterilkan lebih dulu.

“Hal yang harus dilakukan lagi adalah pendataan ulang terhadap para TKI tersebut sebelum dikembalikan ke daerah masing-masing,” katanya.

Lanjut Sabrina, para TKI yang masuk ke Sumut, tidak semua berasal dari Sumut. Mereka berasal dari Pulau Jawa, Bali dan Kalimantan.