Connect with us

Dunia

Tutup Dua Bulan, Bandara Italia Ini Kembali Dibuka

Published

on

Ilustrasi Bandara Ciampino Roma, Italia

Geosiar.com, Italia – Dua bandara di Italia kembali dibuka setelah menjalani masa karantina wilayah selama dua bulan. Bandar udara tersebut yakni Bandara Ciampino di Roma dan Bandara Peretola di Florence.

Berdasarkan keterangan Kementerian Transportasi Italia, bandara itu dibuka kembali untuk penerbangan penumpang pada 4 Mei, seperti yang ilaporkan The Local. Pembukaan bandara memungkinkan untuk pengujian sistem penyaringan virus corona atau covid-19.

Bandara Ciampino merupakan bandar udara sekunder di Roma. Bandara itu sebagian besar digunakan oleh Ryanair dan maskapai penerbangan berbiaya murah lainnya. Sedangkan Bandara Peretola adalah bandar udara terbesar kedua setelah Bandara Internasional Pisa, atau disebut juga Bandara Internasional Galileo Galilei.

Walaupun kedua bandara itu dikabarkan dibuka lagi, akan tetapi belum ada penjelasan soal maskapai yang akan melanjutkan penerbangan.

Diketahui, kedua bandara itu ditutup sejak 13 Maret 2020. Waktu itu sebagian besar maskapai menunda penerbangan ke Italia karena pandemi virus corona.

Sebagian besar bandara Italia lainnya tetap terbuka, tetapi sangat sedikit penerbangan yang beroperasi. Kereta api juga akan mulai memulihkan beberapa koneksi jarak jauh yang sempat ditunda. Hal itu untuk memastikan layanan mendasar yang minimum, seperti dilansir dari The Straits Times.

Kini Italia akan berganti fase setelah masa karantina. Saat banyak pembatasan yang masih ditetapkan, namun banyak pula orang yang berharap kembali bekerja.

Kendati begitu, belum ada petunjuk dari pemerintah mengenai pembatasan perjalanan ke Italia akan longgar dalam waktu dekat. Pembatasan perjalanan dalam negeri juga akan tetap ketat, setidaknya hingga 18 Mei. dalam beberapa pekan juga akan lebih banyak kegiatan bisnis yang boleh dioperasikan penerbangannya.