Connect with us

Sumut

Sumut Nihil Kasus Baru Positif Covid-19 Selama 2 Hari Berturut-turut

Published

on

Jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumut, Aris Yudhariansyah

Geosiar.com, Medan – Provinsi Sumatera Utara (Sumut) nihil kasus baru positif corona selama dua hari berturut-turut. Baik itu berdasarkan hasil PCR maupun rapid test. Pasien positif corona banyaknya masih tetap, yakni 117 orang. Akan tetapi Pasien dalam Pengawasan (PDP) bertambah 2 orang menjadi 162 orang. Sementara untuk Orang dalam Pemantauan (ODP) turun drastis 295 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah menyampaikan update data kasus corona per kondisi Sabtu (02/05/2020) sore di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan. Ia menyebutkan, pasien positif corona yang sembuh dan yang meninggal, juga tidak berubah dari hari sebelumnya, yakni masing-masing 41 orang dan 13 orang.

Artinya pasien positif covid-19 yang dirawat di rumah sakit sebanyak 63 orang. Kemudian ODP yang berkurang 295 orang atau menjadi 2.009 orang pada Sabtu sore, adalah karena selesai menjalani isolasi.

Lebih lanjut Aris Yudhariansyah menyebutkan, rumah sakit-rumah sakit swasta di Sumut semakin siap dalam menangani pasien terkait covid-19. Kondisi ini menunujukkan perkembangan dibandingkan awal pandemi covid-19.

Kesiapan itu terbukti dari banyaknya pasien covid-19 yang ditangani rumah sakit-rumah sakit swasta seperti yang ada di Medan. Kesiapan itu menambah kesiapsiagaan Sumut dalam menangani covid-19, disamping rumah sakit rujukan dan rumah sakit darurat.

Gugus Tugad Covid-19 Sumut yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut itu mengimbau agar tetap mencegah penyebaran covid-19 dengan mematuhi protokol covid dan imbauan pemerintah.