Connect with us

Olahraga

Dokter Persija Jakarta Bagikan Tips Berolahraga Saat Puasa

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Olahraga – Dokter dari tim Persija Jakarta Donny Kurniawan, mengingatkan soal pentingnya olahraga dan menjaga asupan gizi makanan saat bulan puasa di tengah pandemi penyakit virus corona atau Covid-19.

Donny menyatakan bahwa olahraga dan makanan sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

“Untuk olahraga, yang perlu diingat adalah intensitas karena kita kekurangan energi saat puasa. Lalu untuk makan takjil sedikit yang penting memberikan hidrasi yang bagus. Cukup minum, kalau bisa minuman mengandung elektrolit,” tutur dia seperti dilansir dari laman Persija, Jumat (1/5/2020).

Pria itu menyarankan, selama bulan puasa, ada tiga waktu yang pas untuk berolahraga yaitu sesaat sebelum berbuka, setelah buka puasa serta saat sebelum sahur.

Sebelum buka puasa, pria yang biasa disapa Docbro itu merekomendasikan olahraga dilaksanakan pada 60-90 menit sebelum berbuka.

Lalu setelah berbuka, Donny menyebut olahraga dapat dilaksanakan setelah makan yang porsinya tidak berlebihan.

Untuk olahraga sebelum sahur, dokter spesialis olahraga lulusan Universitas Indonesia itu menyebut bahwa itu berguna untuk memberikan energi sepanjang hari.

“Setelah olahraga kamu bisa makan dan tidak terganggu puasanya. Itu dapat memberikan energi seharian penuh,” ujar Donny.

Salah satu olahraga yang dianjurkan Donny saat puasa adalah berjalan. Akan tetapi harus tetap selalu mengenakan masker saat berjalan di luar rumah.

“Bisa melakukan aktivitas berjalan selama 30 menit setiap hari. Ingat di saat ini ketika jalan di luar mesti menggunakan masker,” kata Donny.

Sedangkan untuk makanan yang disarankan yakni perbanyak makan sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin A, C dan E yang dapat meningkatkan imunitas.