Connect with us

Politik

Reses Ihwan Ritonga Serap Aspirasi Door to Door, Desak Pemko Percepatan Bantuan ke 2

Published

on

Medan, Geosiar.com – Wakil Ketua DPRD Medan H Ihwan Ritonga SE desak Pemko Medan perceparan pendistribusian bantuan beras gelombang ke 2 kepada masyarakat Kota Medan terkena dampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Bantuan pertama yang hanya 5 kg dinilai tidak cukup bahkan belum merata.

Hal tersebut disampaikan H Ihwan Ritongs SE kepada wartawan usai melakukan reses II masa sidang II Tahun 2020 gelombang I di sejumlah tempat berbeda daerah pemilihan (dapil) IV Kota Medan, Rabu (29/4/2020). Reses kali ini dilakukan sistem door to door untuk menghindari massa.

“Pemko Medan harus secepatnya mendistribusikan bahan sembako. Pembagian pertama yang hanya 5 kg hanya bisa makan 3 hari. Lagi pula pembangian sembako yang pertama tidak merata. Pemko harus cepat antisipasi kebutuhan warga,” pinta Ihwan.

Dikatakan Ihwan, saat Ianya melakukan reses menyerap aspirasi warga, mayoritas mengeluhkan kesulitan ekonomi akibat dampak Covid-19. “Wajar saja warga keluhan mereka situasi seperti ini. Kita harapkan pelayanan maskimal dari pemerintah,” harap Ihwan asal politisi Gerindra itu.

Selain keluhan bantuan beras, Ihwan juga menerima keluhan soal Pemutusan Hubungan Kerja (PKH) massal di Hotel Aryaduta Medan. Seperti yang disampaikan Rizki Alanda, salah satu mantan karyawan perusahaan itu. Dia dan 136 rekannya di Hotel Aryaduta mengalami PKH. Ia menilai perusahaan tempatnya bekerja telah sepihak dengan sewenang-wenang memecat karyawan di tengah pandemi covid-19.

Kata Rizki, selain itu, setelah di PHK, beberapa dari karyawan menerima pesangon yang tak sesuai. Kebanyakan dari mereka hanya menerima pesangin 1 hingga 2 bulan saja.

“Ada 136 karyawan yang di PKH, padahal ada dari mereka bekerja yang bekerja sampai 13 tahun. Tapi yang dibayar pesangon 1sampai 2 bulan saja, dimana hati pengusahanya. Belum lagi pada saat pandemi begini di PHK sepihak dengan sewenang wenang,”ujarnya.

Menanggapi keluhan tersebut, politisi Gerindra itu mengakui pandemi covid-19 sangat berdampak terhadap seluruh kalangan masyarakat. Namun, dirinya tak ingin ada perusahaan yang melakukan PHK terhadap karyawannya.

“Semua sektor memang terdampak, saya maklumi itu. Tapi sudah ada imbauan dari Gubernur Sumut, pak Edy Rahmayadi dan Plt Wali Kota Medan agar perusahaan tak melakukan PHK terhadap karyawannya. Pengusaha harus patuh akan itu,” kata Ihwan.

Wakil Ketua DPRD Medan, H Ihwan Ritonga berjanji akan memperjuangkan nasib pekerja PT Cipta Karya Pesona/ PT Aryaduta International Management atau Hotel Aryaduta yang terkena PHK ditengah pandemi covid-19.

Dalam pelaksanaannya kali ini, Ihwan melakukan kunjungan langsung ke rumah-rumah masyarakat. Adapun lokasi yang didatangi Ihwan Ritonga antara lain,
Kediaman MS Tarigan; Jalan Seto, Medan Area. Nani Sukmawati; Jalan Juanda, Medan Kota. Saad Bawarzin; Jalan P Denai, Medan Denai, serta beberapa kediaman warga lainnya. (lamru)

Advertisement