Connect with us

Sumut

Jadwal UTBK-SBMPTN Ditunda Hingga Juni, Catat Tanggalnya

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Medan – Wabah pandemi virus corona atau Covid-19 yang melanda sejumlah daerah di Indonesia membuat beberapa kegiatan mengalami kemunduran jadwal dan penundaan.

Hal tersebut juga berpengaruh terhadap jadwal pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Pelaksanaan UTBK.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan jadwal terbaru pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) melalui Surat Edaran dengan nomor 11/SE.LTMPT/2020 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020.

Isi surat edaran itu yakni Memperhatikan situasi Nasional berkenaan dengan mewabahnya Covid-19, dan Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor 09/SE.LTMPT/2020 tentang Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020 yang dilakukan penundaan, maka pendaftaran UTBK dan pelaksanaan UTBK akan tetap dilaksanakan.

Perubahan pelaksanaan UTBK yang tertuang dalam Surat Edaran ini adalah sebagai berikut:

  • Materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS),
  • Setiap peserta hanya diijinkan maksimal mengambil 1 (satu) kali tes,
  • Pelaksanaan tes dilaksanakan dalam 4 (empat) sesi setiap hari.
  • Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali/bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan Program Studi tujuan.
  • Jadwal Kegiatan UTBK-SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut:
  • Pendaftaran UTBK dan SBMPTN Mulai tanggal, 2 sampai 20 Juni 2020
  • Pelaksanaan UTBK Mulai tanggal, 5 sampai 12 Juli 2020
  • Pengumuman SBMPTN tanggal 25 Juli 2020

Sementara Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed), Dr Syamsul Gultom mengungkapkan agar calon mahasiswa yang sudah mempunyai akun LTMPT bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti pelaksanaan UTBK di bulan Juli.

Ia meminta para calon mahasiswa untuk belajar dengan sungguh-sungguh selama dirumah karena pemerintah sudah memberikan kelonggaran waktu untuk mempersiapkan diri agar dapat lolos UTBK.

“Sehingga nantinya para siswa dapat diterima di kampus yang ditujunya,” tutur Rektor.

Rektor menjelaskan, pengumuman SBMPTN nantinya akan dilakukan pada 25 Juli 2020. Materi tes UTBK yang diujikan merupakan Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Setiap peserta hanya diijinkan mengambil tes sebanyak satu kali. Peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan Program Studi Tujuan.

Lalu untuk biaya pendaftaran bagi peserta pemilik nomor pendaftaran KIP Kuliah tidak dikenakan biaya pendaftaran untuk mengikuti UTBK. Sedangkan untuk peserta nonKIP Kuliah yang akan mengikuti UTBK, dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp200 ribu (untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum) dan Rp300 ribu (kelompok ujian campuran).

Advertisement