Connect with us

Sumut

Anggaran Covid-19 Tahap I Rp500 Miliar, Gubsu: Pasti Transparan

Published

on

Gubsu Edy Rahmayadi saat mengikuti video conference dengan Mendagri Tito Karnavian (Orbitdigitaldaily.com).

Geosiar.com, Medan – Pemerintah Sumatera Utara (Pemprov Sumut) menghabiskan anggaran sebesar Rp500 miliar untuk penanganan dan pencegahan virus corona atau covid-19 di Sumut. Anggaran itu untuk tahap pertama, yakni selama 3 bulan ke depan.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan anggaran itu kemungkinan akan bertambah lagi di tahap kedua dan tahap ketiga dengan anggaran masing-masing Rp500 miliar apabila pandemi covid-19 belum berakhir.

Adalah sejumlah pihak meminta Gubernur Edy supaya transparan mengelola anggaran tahap pertama Rp500 miliar itu. Pengamat Anggaran Pemerintah, Elfenda Ananda, salah satunya yang jauh-jauh hari menyuarakan itu.

Gubernur Edy juga meyakinkan transparansi pengelolaan anggaran covid-19 itu.

“Iya pasti transparan,” ujarnya menjawab awak media setelah pembukaan Musrenbang RKPD Sumut, di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Medan pada Kamis (23/04/2020).

Gubernur Edy yang saat itu didampingi Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah menambahkan, setiap saat di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut yaitu di pendopo rumah dinas itu akan ada BPKP.

Selain itu, lanjutnya, dari pihak Kejaksaan dan pihak Kepolisian juga turut hadir di Posko Gugus Tugas Covid-19 itu untuk melakukan pengawasan.

“Nah kita undang juga dan tadi saya sudah komunikasi dengan Ketua DPRD (Sumut), bagian banggar, untuk duduk mengawasi sehingga dana tersebut 500 miliar tahap pertama, mau tahap kedua tahap ketiga, tapi yang perlu saya sampaikan bahwa ini harus tepat sasarannya,” tutup Gubsu Edy.