Connect with us

Lifestyle

Ini Hal yang Perlu Diketahui saat Pakai Masker, Jangan Buka Pasang

Published

on

Ilustrasi masker kain

Geosiar.com, Kesehatan – Di tengah mewabahnya virus vorona atau covid-19, masker medis kini menjadi mahal dan semakin langka. Pemerintah menyarankan masyarakat agar menggunakan masker kain.

Walaupun begitu, sebagian orang merasa tidak nyaman menggunakan masker sehingga sering membuka dan menutup masker yang digunakan. Jadi apakah tindakan itu benar?

Mengutip dari laman Covid-19, orang sehat juga mesti menggunakan masker kain saja dan bukan masker medis. Cara untuk memasang masker di tengah pandemi virus corona juga berbeda.

Sebelum menggunakan masker, ada baiknya cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik. Jika tidak tersedia gunakan cairan pembersih tangan dengan kandungan alkohol minimal 60 persen.

Masker harus dipasang menutupi hidung, mulut, sampai dagu. Pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker.

“Jangan buka tutup masker. Jangan menyentuh masker,” kata keterangan tersebut.

Bila menyentuh masker, segeralah mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir minimal 20 detik atau bila tidak ada, gunakan cairan pembersih tangan minimal alkohol 60 persen. Bagi orang menggunakan masker yang telah basah atau lembab, maka segeralah ganti dengan masker baru.

Perlu diketahui pula, masker medis hanya bisa digunakan satu kali saja. Sementara masker kain dapat digunakan berulang kali.

Adapun, cara membuka masker dengan melepaskan dari belakang. Jangan sentuh bagian depan masker. Untuk masker sekali pakai, buang segera di tempat sampah tertutup atau kantong plastik. Untuk masker kain, segera cuci dengan deterjen lalu keringkan.