Connect with us

Nasional

Sri Mulyani Tegaskan PSBB Tidak Ganggu Ekonomi

Published

on

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Geisiar.com, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jabodetabek tidak berpengaruh negatif terhadap ekonomi secara nasional. Meski ada PSBB, katanya, aktifitas seperti ekspor maupun impor masih tetap dilakukan.

Sri Mulyani menyontohkan, aktifitas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, selama PSBB tidak ada halangan terhadap arus barang.

“Tanjung Priok salah satu pelabuhan besar di pintu masuk ekspor impor. Artinya meski ada PSBB tetapi tidak ada halangan terhadap arus barang,” jelas Sri Mulyani dalam telekonferensi, Jumat (17/4/2020).

Dia melanjutkan, PSBB juga sudah sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada kepala daerah, agar menjaga pasokan barang-barang logistik, termasuk untuk kebutuhan pasokan bahan pokok.

Namun dampak ke depannya kata Sri, akan terus melihat berdasarkan berbagai kegiatan, terutama kawasan Jabodetabek.

Walaupun begitu, lanjut Sri Mulyani, penerapan PSBB pasti mempengaruhi segi konsumsi dan kegiatan investasi yang mengalami perlambatan.

“Jadi dampaknya kita ukur ke depan, sesudah statistiknya. Tapi terlihat konsumsi dan kontributor terbesar dari kegiatan investasi akan slowing down karena PSBB,” tutup dia.