Connect with us

Nasional

Mau Lolos Kartu Prakerja, Simak Syarat Syarat ini

Bagi anda yang mau mendaftar dan sudah terdaftar maka ada beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi agar lolos sebagai penerima kartu prakerja dan berhak menerima pelatihan

Published

on

Kartu Prakerja

Geosiar.com,Nasional – Pengumuman gelombang pertama penerima kartu prakerja sudah diumumkan. Untuk gelombang kedua akan diadakan mulai pada senin, 20/4/2020. Bagi yang belum lolos pada gelombang pertama jangan kuatir karna masih ada kesempatan pada gelombang berikutnya.

Baca juga : Pengumuman Kartu Pra Kerja, Cek disini

Bagi anda yang mau mendaftar dan sudah terdaftar maka ada beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi agar lolos sebagai penerima kartu prakerja dan berhak menerima pelatihan.

Baca Juga : Cara Daftar Kartu Prakerja

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan peserta Kartu Prakerja yang bisa menerima pelatihan adalah :

  1. Mereka yang sudah lolos verifikasi dan test uji kompentensi disitus Prakerja.go.id
  2. Sudah didata didata di kemeterian dalam Negeri (Data kependudukan), Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Data pendidikan) dan Data terpadu kejehateraan sosial di Kementerian Sosial.
  3. WNI, Umur 18 Tahun keatas
  4. Belum terdata sebagai penduduk yang menerima Bansos seperti PKH, BLT, BPNT, dan sebagainya

Panji menambahkan bahwa setelah syarat-syarat dalam verifikasi itu dipenuhi, maka didahulukan pendaftar yang terdampak langssung dengan adanya covid 19.

“Semuanya harus lolos verifikasi, test kompetensi, dari segi umur, sekolah, dan lain-lain terlebih duhulu. kemudian didata, kalay terdata, maka didahulukan yang terdampak covid-19,” jelas Panji

Sementara itu, Sekretaris Menteri Perekonomian Susiwijono menerangkan, bahwa kriteria penyeleksian peserta program Prakerja tersebut dibuat agar merata untuk semua kalangan.

” tujuan program Pra Kerja adalah sebagai jaring pengaman sosial atau social safety net, sehingga harus dibuat kriteria-kriteria agar pemberianya dapat dilakukan secara merata” Jelas Suswijono.