Connect with us

Sumut

Akhyar Nasution: APBD Pemko Medan TA 2020 Mengalami Penyusutan Sekitar 40 Persen

Published

on

Medan, Geosiar.com – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemko Medan TA 2020 dipastikan menurun. Jika sebelumnya APBD 2020 telah ditetapkan Rp 6,18 Triliun diperkirakan mengalami penyusutan sekitar 40 persen.

Hal tersebut disampaikan Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution (foto) kepada Geosiar.com Kamis (16/4/2020). Penurunan kekuatan APBD Tahun Anggaran (TA) 2020 dikarenakan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang mewabah saat ini.

“Kita akan talangi biaya pencegahan dan biaya bantuan sosial akibat dampak pandemi Covid-19. Sumber anggaran dari APBD dengan merelokasi mata anggaran dengan pembatalan sejumlah program kerja. Maka APBD 2020 akan terkoreksi sekitar 40 persen,” papar Akhyar.

Disampaikannya, terjadinya penyusutan karena target pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Tahun 2020 tidak akan tercapai lagi. Dimana, sumber PAD itu banyak dari pajak restoran, hotel, restribusi parkir dan lainnya. “Usaha itu saat ini tidak jalan dan berdampak tidak akan tercapainya PAD,” tarang Akhyar.

Ditambahkan Akhyar lagi, begitu juga soal dana bantuan dari pemerintah pusat dan Propinsi dimungkinkan tidak akan turun lagi. Bantuan itu seperti Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) bantuan keuangan Propinsi.

“Akhirnya banyak program yang dicansel karena mata anggaran digeser. Sedangkan pekerjaan yang ada hanya pekerjaan rutin, perawatan, supaya tidak semakin rusak,” ucapnya.

Menurut Akhyar, saat ini Pemko Medan sedang menyiapkan dana sekitar Rp 500 Miliar untuk penanganan pandemi Covid-19. Sumber dana dari pergeseran mata anggaran di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan dan sisa anggaran tahun sebelumnya.

“Saat ini sedang disusun pengalihan beberapa mata anggaran di APBD oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemko Medan. Kita segerakan diajukan ke DPRD Medan untuk mendapat persetujuan ,” ujar Akhyar Nasution. (lamru)

Advertisement