Connect with us

Olahraga

Perenang Legendaris Lukman Niode Tutup Usia

Published

on

Mantan Perenang Nasional, Lukman Niode

Geosiar.com, Jakarta – Dunia renang Indonesia tengah berduka. Salah satu atlet terbaik Lukman Niode. Peraih dua medali emas SEA Games 1983 meninggal dunia di RS Pelni Jakarta, Jumat (17/4/2020) pukul 12.58 WIB.

Atlet yang biasa disapa Lukie meninggalkan seorang istri Kartika Indriasari. Lukman Niode yang berdarah Gorontalo kelahiran Jakarta, 21 Oktober 1963 itu merupakan salah satu legenda hidup renang Tanah Air.

Semasa hidupnya, ia berhasil meraih banyak prestasi, baik nasional maupun internasional. Perenang yang pernah menimba ilmu di Klub Tirta Kencana, Jakarta (1972-1979); Golden West College, Hutington Beach (1982-1984) itu pernah menyabet 10 medali emas di PON 1977.

Prestasi itu dipertahankan Lukie ketika tampil di PON 1981. Saat itu, dia menggaet tujuh medali emas. Sehingga tak aneh jika dia menjadi andalan Indonesia di SEA Games 1983 dengan meraih dua medali emas.

Mantan perenang nasional Richard Sambera, yang saat ini menduduki Ketua Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) mengaku sedih dengan kabar meninggalnya Lukie. Itu disampaikannya melalui akun media sosial Twitter.

“Dengan hati sedih, saya mengabarkan meninggalnya sahabat saya – mentor saya, inspirasi saya – perenang legendaris brother Lukman Niode. Beliau meninggal pada siang ini pkl 12.58 di RS Pelni Jakarta. Saya sangat sedih atas kepergiannya. RIP brother,” tulis Richard melalui akun Twitter pribadinya.