Connect with us

Nasional

Dilantik Presiden Jokowi, Riza Patria Resmi Jabat Wagub DKI

Published

on

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan tahun 2017-2022 di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ahmad Riza Patria menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan tahun 2017-2022 di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (15/4/2020).

Pelantikan Ahmad Riza Patria berdasarkan Surat Keputusan (Keppres) 40/P/2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sisa Masa Jabatan 2017-2022.

Pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Keppres oleh kepala negara kepada Ahmad Riza di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan.

Kemudian Prosesi kirab dilakukan Jokowi, didampingi oleh Wakil Presiden KH Maruf Amin dan Ahmad Riza dengan berjalan kaki menuju Istana Negara. Dalam kegiatan tersebut, mereka yang hadir tampak menjaga jarak satu sama lain.

Jokowi menanyakan kesediaan Ahmad Riza sebagai wakil gubernur DKI Jakarta sebelum diambil sumpah jabatan?

“Terlebih dahulu saya akan bertanya, bersediakah saudara mengucapkan sumpah menurut agama Islam?,” kata Jokowi.

“Bersedia,” jawab Politikus Partai Gerindra itu.

Selanjutnya Jokowi meminta Ahmad Riza mengikuti dan mengulangi sumpah jabatan yang dibacakan di depan para tamu undangan.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya, seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” ucap Jokowi yang diikuti Ahmad Riza

Prosesi pelantikan Ahmad Riza berlangsung tak seperti biasanya, karena dilakukan di tengah wabah pandemi Covid-19. Hal itu dilihat dalam video live streaming yang disiarkan langsung oleh Sekretariat Kepresidenan.

Perbedaannya tampak lantaran Jokowi yang mengenakan setelan jas abu-abu menggunakan masker. Lalu biasanya ramai dihadiri pejabat negara, kini jauh lebih sepi dibanding biasanya.

Jajaran menteri dan tamu undangan juga tampak saling menjaga jarak. Adapun beberapa pejabat negara yang hadir antara lain Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.