Connect with us

Sumut

Pemprov Sumut akan Fasilitasi Pemulangan TKI dari Malaysia ke Daerah Asal

Published

on

Pemerintah Malaysia memulangkan sebanyak 1.038 tahanan dalam rangka pencegahan virus Corona COVID-19 (Suara.com)

Geosiar.com, Sumut – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) menyatakan bahwa akan memfasilitasi pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia ke masing-masing daerah asal mereka.

Pemulangan yang difasilitasi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut bersama Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) Medan dan TNI AU Lanud Soewonda digelar di Apron Pangkalan Udara Soewondo Medan, Sabtu (11/4/2020).

“Mereka ditampung di Sumut ini bisa dibilang transit atau karantina sementara. Kita sudah cek kondisi semua TKI yang datang, semua sehat,” kata dia.

“Dari Malaysia mereka sudah diperiksa dan membawa surat tanda sehat. Masuk di Bandara Kualanamu juga dilakukan pemeriksaan lagi melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan,” tambah Wakil Sekretaris Gugus Tugas Riadil Akhir Lubis di lokasi.

Ia mengatakan bahwa sebagian TKI telah dipulangkan dan dijemput oleh Pemkab/Pemko masing-masing. Begitu pula dengan TKI asal provinsi lain, dipulangkan dengan bus di antaranya Aceh, Jambi, Riau, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat dan Bengkulu.

Sementara yang akan menyusul untuk dipulangkan pada Minggu antara lain dari Jawa Timur, Jawa Barat, Kepri, NTB, NTT, Sulawesi Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Jakarta, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat, Banten, Kalimantan Timur dan Yogyakarta.

“Jumlahnya sekitar seratusan lagi, kita harapkan rampung pada hari Selasa mendatang,” tutur dia.