Connect with us

Sumut

Umat Katolik Paroki Padang Bulan Berbagi Sembako Dampak Covid-19

Published

on

Medan, Geosiar.com – Uskup Agung Medan Mgr Cornelius Sipayung, OFM.Cap telah menginstruksikan kepada seluruh masing masing Paroki/Stasi agar melakukan aksi solidaritas bantuan kemanusian kepada umat kurang mampu.
Sebab, banyak warga yang mengalami kesulitan ekonomi saat ini akibat dampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Guna menindaklanjuti instruksi tersebut, masing masing Paroki membuat Posko untuk memfasilitasi penyaluran bantuan. Seperti yang dilakukan Paroki St Fransiskus Asissi Padang Bulan Medan, Minggu.(4/4/2020). Membagikan sembako kepada 505 KK kepada umat Katholik se Paroki Padang Bulan Medan.

Pembagian dilakukan di 5 Posko Gereja Stasi secara serentak yakni di Gereja Stasi Pasar VI sebanyak 60 KK, Stasi St. Petrus Sp Kuala 190 KK, Stasi St. Paulus 32 KK, Stasi St. Laurentius Sp. Selayang 86 KK, Stasi St. Theresia P. Simalingkar 116 KK dan Stasi St. Yosep Gedung Johor 24 KK.

Adapun jenis sembako yang dibagikan berupa 10 kg beras, 1 papan telur, 20 bungkus Mi Instan dan 1 kg minyak goreng per keluarga. “Ini bentuk kepedulian kita kepada umat yang terkena dampak virus corona. Kita jalankan sesuai instruksi Uskup Agung Medan,” ujar Pastor Paroki St. Fransiskus Asissi Padang Bulan Medan P. Andreas Elpian Gurusinga, OFM.Conv.

Selanjutnya Elpian Gurusinga menginstruksikan Dewan Pastoral Paroki Padang Bulan Gunana Barus sebagai ketua, Haogomano Zebua sebagai sekretaris dan P. Siensi Jebarus, OFM.Conv sebagai Moderator Diakonia dan Mangantar Manullang sebagai Kordinator Diakonia.

Mereka langsung melakukan kordinasi dengan Pengurus Dewan Pastoral Stasi Separoki Padang Bulan bidang Diakonia yaitu Diakonia Stasi St. Laurentius Sp. Selayang Bambang Harahap, Diakonia St. Theresia P. Simalingkar Untungta Ginting, Diakonia Stasi Pasar VI Usaha Tarigan, Diakonia Stasi St. Petrus Sp. Kuala Malem Sembiring, Diakonia Stasi St. Yosep Gedung Johor Novenris. Sembiring dan Diakonia Stasi dan St. Paulus Pasar Tety Emelia.

Selanjutnya, untuk mendirikan posko kemanusiaan mendata umat di masing-masing lingkungan yang kesulitan secara ekonomi khususnya keluarga yang pekerjaannya buruh, petani, sopir, gojek, pedagang kaki lima dan pekerja serabutan.

Masing-masing menghimpun partisipasi umat yang dengan suka rela memberikan apa mereka miliki untuk membantu saudara-saudaranya yang kesulitan akibat dampak virus corona yaitu berupa beras 5 ton, minyak goreng 800 kg, telor ayam 200 papan, mi instan 470 kardus ditambah partisipasi Paroki St. Fransiskus Asissi Padang Bulan Rp. 25.000.000 yang dibagikan kepada 505 KK umat yang didata oleh Pengurus Lingkungan.

Untuk tahap pertama penyaluran bantuan sembako ini secara serentak dibagikan di 6 posko stasi dan diserahkan secara simbolis oleh utusan Dewan Pastoral Paroki seperti di Stasi St. Petrus Sp. Kuala oleh Herna br. Pasaribu, Stasi St. Fransiskus Asissi Pasar VI oleh P. Andreas E. Gurusinga, OFM.Conv, Gunana Barus dan Haogomana Zebua, Stasi St. Yosep Gedung Johor Oleh P. Siensi Yohanes Jebarus, OFM.Conv, Stasi St. Laurentius Sp. Selayang oleh Restawati Ginting, Stasi St. Theresia oleh RO. Sinaga dan Stasi St. Paulus Pasar Baru oleh Susana Bangun.

Dalam amanahnya P. Andreas Elpian Gurusinga, OFM.Conv sebagai Pastor Paroki St. Fransiskus Asissi Padang Bulan Medan, mengucapkan terimakasih kepada umat yang memberikan sumbangannya untuk membantu yang kesulitan akibat dampak virus corona. “Inilah sebagai bentuk wujud kehadiran gereja ditengah-tengah umat yang dalam kesulitan dan sebagai bentuk kerjasama yang baik diantara kita semua,” ujarnya.

Ditambahkan lagi, “Dalam kendaknya kita selalu disatukan didalam ekaristi yang suci dan diutus untuk saling berbagi serta berpartisipasi dengan berbeda rasa. Salam dan Doaku mari kita memasuki masa Pekan Suci yang penuh Berahmat ini,” imbuhnya. (rel/lamru)

Advertisement