Connect with us

Sumut

Kurangi Penyebaran Virus Corona, Lapas Tebing Tinggi Bebaskan 11 WBP

Published

on

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Tebing Tinggi memulangkan 11 Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) pada Rabu (1/4/2020) sekira pukul 20.30 WIB.

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Menyahuti surat edaran Menkumham, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Tebing Tinggi memulangkan 11 Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) pada Rabu (1/4/2020) sekira pukul 20.30 WIB.

“Pemulangan 11 WBP setelah melalui sejumlah persyaratan administrasi yang ditetapkan,” jelas Kalapas Klas II B Tebing Tinggi, Theo Adrianus Purba And IP SH MH, Kamis (2/4/2020) di rumah dinasnya, Jalan Pusara Pejuang, Kelurahan Rambung.

Hal tersebut adalah keputusan dan menindaklanjuti amanat Menteri Hukum dan HAM, sebagaimana diatur dalam Permenkum HAM Nomor 10 Tahun 2020. WBP yang dipulangkan yang telah memiliki surat keputusan pembebasan bersyarat.

“Lapas melakukan asimilasi bagi yang sudah punya SK pembebasan bersyarat dari Dirjen Pemasyarakatan. Pemulangan ini untuk mengurangi penyebaran virus corona, sesuai amanat Permenkum HAM No.10 Tahun 2020. Ini tahap awal yang dilakukan Lapas Klas II B Tebing Tinggi” ujar Theo.

Theo pun menjelaskan, untuk menerapkan physical distancing, Lapas Klas II B Tebing Tinggi tidak dapat menerapkannya karena penghuni telah melebihi kapasitas sejak bertahun tahun. Saat ini juga Kapasitas Lapas sudah mencapai 1709 orang yang seharusnya hanya berkemampuan 451 orang.