Connect with us

Nasional

Hari Ini Status Kota Medan Ditetapkan Tanggap Darurat Penanganan Covid-19

Published

on

Medan, Geosiar.com – Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution hari ini menetapkan status Kota Medan menjadi “Tanggap Darurat” untuk menekan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Sebelumnya status kota Medan Siaga Darurat dinaikkan status menjadi Tanggap Darurat.

Hal itu disampaikan Akhyar Nasution (foto) kepada wartawan Geosiar.com di kediamannya, Selasa pagi (31/3/2020). “Hari ini Selasa (31/3/2020) kita umum kan, sekarang suratnya sedang dipersiapkan ,” ujar Akhyar Nasution.

Disampaikan Akhyar, dengan perubahan status tersebut dengan sendirinya akan berubah struktur gugus tugas. Dimana saat status siaga, kepala daerah sebagai pengarah. “Dengan kenaikan status menjadi Tanggap Darurat maka Kepala Daerah bertindak sebagai Ketua,” terangnya.

Ditambahkannya, dinaikkannya status tanggap darurat karena sudah berinbas problem ekonomi. “Banyak masyarakat telah terancam mata pencariannya karena pembatasan keluar rumah,” imbuhnya.

Dengan perubahan status tersebut, guna memaksimalkan penanganan, maka Pemko Medan sudah tidak masalah lagi jika memberikan bantuan berupa beras atau sembako kepada masyarakat. “Sedangkan pendistribusian beras saat ini sedang kita lakukan pemetaan dan sistim penyalurannya,” jelasnya.

Diakui Akhyar Nasution, wabah Covid 19 di Kota Medan tetap meningkat. “Pemko Medan terus melakukan upaya memutus mata rantai penyebarannya,” paparnya. (lamru)

Advertisement