Connect with us

Sumut

PEDULI, Hj Fitriani Manurung Luncurkan Program “Bunda Peduli Ojol”

Published

on

Medan, Gdosiar.com – Kebijakan pembatasan sosial (social distancing) yang dianjurkan pemerintah sebagai upaya menghambat penyebaran virus corona berdampak buruk kepada pengemudi ojek online (Ojol) di kota Medan. Pemberlakuan social distancing ini mengakibatkan pendapatan Ojol menurun drastis.

Kondisi yang dialami sejumlah Ojol itu mengundang keprihatinan tokoh perempuan Kota Medan Hj Fitriani Manurung S.Pd, M.Pd untuk meluncurkan program #BundaPeduliOjol.

Perempuan yang akrab disapa Bunda itu mengaku, gerakan program muncul dari diskusi dengan para relawan saat akan melakukan aksi penanganan wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Dibeberapa jalan Kota Medan dirinya menyaksikan banyak Ojol duduk termenung menunggu pelanggan yang menggunakan jasanya.

“Kita akui, dampak dari virus corona ini telah menyentuh sendi-sendi ekonomi warga. Dan kita coba munculkan gerakan ini agar supaya Ojol tetap semangat memberikan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Fitriani Manurung kepad wartawan di Medan, Minggu (29/03/2020).

Dijelaskannya, program #BundaPeduliOjol dilakukan dengan memesan sembako dan barang-barang keperluan sehari-hari. Kemudian, barang yang diantarnya ke tempat tujuan diberikan langsung kepada Ojol. “Setelah mereka sampai ke tempat tujuan, kemudian kita bayar dan kita juga langsung serahkan kepada mereka,” ungkapnya.

Disampaikan Fitriani, program tersebut sudah berlangsung dari kemarin dan direncanakan berlangsung hingga batas yang belum ditentukan. “Kita harapkan wabah virus corona cepat berlalu,” imbuhnya.

Dijelaskan lagi, terkait pemesanan Ojol untuk sembako ternyata mendapat orderan Ojol yang sama dalam satu hari tidak masalah. “Tetap kita Ok kan, tidak batal,” ujarnya.

Fitriani Manurung yang juga penggiat pendidikan di Kota Medan itu mengharapkan program bisa menjadi bagian dalam membantu mereka yang terngah berjuang memenuhi kehidupannya ditengah mewabahnya virus corona.

“Warga Medan lainnya juga bisa melakukan hal serupa dalam membantu mereka yang memerlukan untuk mendapatkan harapan hidupnya kembali,” jelasnya seraya mengatakan program peduli ini bisa juga dilakukan kepada profesi lain yang terimbas dengan wabah corona ini.

Fitriani Manurung yang saat ini Kandidat doktor di Universitas Negeri Medan itu mengajak Ojol untuk senantiasa memperhatikan keselamatan, kesehatan, kebersihan agar sama-sama terhindar dari wabah corona.

“Harapan kita kepada mereka yang setiap hari berjibaku di jalanan agar senantiasa menjaga kesehatan, kebersihan dan utamanya keselamatan,” harapnya.

Sementara itu, salah seorang pengemudi Ojol, Dodie Boedi Ardhi mengaku berterimakasih dengan gerakan yang dibuat Hj Fitriani Manurung. “Kami sangat berterimakasih semoga murah rejekinya,” ungkapnya. (lamru)

Advertisement