Connect with us

Sumut

KAI Kurangi 16 Perjalanan di Sumut Guna Cegah Corona

Published

on

Ilustrasi Kereta Api

Geosiar.com, Medan – Sebanyak 16 perjalanan kereta api (KA) jarak jauh dan lokal di wilayah Sumatera Utara (Sumut) per Senin (30/3/2020) ditiadakan. Hal ini sebagai langkah PT KAI Divre Sumut untuk mencegah penyebaran virus corona sesuai petunjuk Pemerintah.

“Dengan pengurangan 16 perjalanan hingga Senin 30 Maret, maka kini tinggal 36 perjalanan kereta per hari dari sebelumnya ada 52 jadwal,” tutur Vice President PT KAI Divre I Sumut Daniel Johannes Hutabarat di Medan pada Minggu (29/3/2020).

Dirinya menjelaskan, pengurangan frekuensi perjalanan KA itu guna mengurangi mobilitas masyarakat sesuai arahan pemerintah dalam upaya menekan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Dia menjelaskan, perjalanan KA yang dikurangi masing-masing empat perjalanan KA Medan-Rantau Prapat (pergi-pulang/PP), dua KA Medan-Tanjungbalai (PP), dua KA Medan-Siantar (PP) dan perjalanan KA lokal yakni delapan perjalanan KA tujuan Medan-Binjai (PP).

Pengurangan rute perjalanan kereta yang terbaru yaitu KA Sribilah (U56) relasi Medan-Rantauprapat yang dilakukan terhitung mulai 29 Maret-2April 2020. Kemudian KA Sribilah (U53) relasi Rantaurapat-Medan terhitung mulai 30 Maret-3 April 2020.

Manajemen KAI ingin agar kebijakan itu dapat dimaklumi masyarakat demi kebaikan bersama untuk mencegah penyebaran virus berpotensi mematikan ini.

“KAI akan terus mengevaluasi dengan melihat perkembangan situasi Covid-19 dan tentunya menginformasikan ke masyarakat,” tandas Daniel.