Connect with us

Dunia

Cegah Corona, Malaysia Terbangkan Drone Pantau 12 Area Rawan

Published

on

Ilustrasi Drone

Geosiar.com, Malaysia – Sejumlah drone bakal diterbangkan di 12 area rawan, yakni ditempat orang-orang yang tidak mematuhi aturan pembatasan pergerakan untuk memutus rantai penularan virus Corona di Malaysia.

Panglima militer Malaysia, Jenderal Tan Sri Affendi Buang mengatakan, penggunaan drone itu agar lebih mengefektifkan patroli dan pemantauan orang selama pemberlakuan aturan melarang ke luar rumah.

Jenderal Affendi tidak menjelaskan jumlah drone yang dikerahkan utk berpatroli. Namun dia hanya menyebut beberapa merupakan aset pemerintah dan beberapa lagi disewa dari industri setempat.

“Drone melakukan rekaman langsung. Kami juga akan dapat mengidentifikasi mereka yang ditangkap dalam rekaman itu,” ujar Jenderal Affendi ketika menghadiri demonstrasi kemampuan drone, menurut laporan Asia One, Rabu (25/3/2020).

Walaupun drone dikerahkan, kata dia, personel militer bakal dikerahkan apabila dibutuhkan di lokasi tertentu setelah rekaman dilakukan.

Drone akan beropersi antara 40 menit hingga satu jam dengan radius sekitar 3 kilometer hingga 5 kilometer untuk memantau area rawan yang terjangkit virus Corona ata Covid-15.

Dunia

Dari 193 Negara di Dunia, 19 Negara Masih Bebas Corona

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Jakarta – Dari 193 negara anggota PBB, dilaporkan hanya tinggal 19 negara bebas Corona atau belum melaporkan adanya kasus infeksi virus Corona pertama yang ditemukan.

Menurut data Universitas Johns Hopkins, berikut 19 negara yang belum melaporkan kasus pertama virus Corona hingga 2 April 2020.

  1. Comoros
  2. Kiribati
  3. Lesotho
  4. Malawi.
  5. Marshall Islands.
  6. Micronesia
  7. Nauru
  8. Korea Utara
  9. Palau
  10. Samoa
  11. Sao Tome and Principe
  12. Solomon Islands.
  13. Sudan Selatan
  14. Tajikistan
  15. Tonga
  16. Turkmenistan
  17. Tuvalu
  18. Vanuatu
  19. Yaman

Korea Utara (Korut) sebagai negara yang tertutup rapat bagi asing belum melaporkan satu kasuspun. Padahal negara ini berbatasan dengan Cina yang menjadi negara awal dari wabah virus Corona

Menurut laporan Newsweek, Turkmenistan untuk beberapa hal meniru Korea Utara dengan secara ketat melarang perjalanan, membersihkan pertemuan massal, dan kampanye memberikan kesadaran.

Sedangkan Yaman diduga belum melaporkan kasus virus Corona lantaran masih dalam situasi perang.

Sebagian besar negara lainnya yang bebas dari virus Corona merupakan negara kepulauan kecil dan jarang dikunjungi orang asing, sebagaimana dilaporkan doncasterfreepress.co.uk, 3 April 2020.

PBB menyebutkan, 7 dari 10 negara di kepulauan kecil itu paling jarang dikunjungi. Kemudian negara-negara ini tidak mempunyai perbatasan darat dengan negara tetangganya, sehingga mereka menjadi negara bebas Corona hingga saat ini.

Continue Reading

Dunia

Via Telepon, Presiden Cina Tawarkan Bantuan Hadapi Virus Corona untuk Indonesia

Published

on

Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden Cina Xi Jinping

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Cina Xi Jinping mengaku siap membantu Indonesia dalam mengatasi wabah penyebaran virus Corona.

Dalam percakapan melalui telepon dari Beijing dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Kamis (2/4/2020), Xi mengaku prihatin atas penyebaran virus yang makin meluas ke berbagai negara dan kawasan termasuk Indonesia.

“Atas nama pemerintah dan rakyat Cina, menyampaikan rasa simpati kepada masyarakat Indonesia,” tutur otoritas Cina seperti dikutip dari Antara pada Jumat (3/4/2020).

Xi kemudian menawarkan bantuan kepada Pemerintah Indonesia. Xi juga yakin Presiden Jokowi mampu mengatasi pandemi Corona di Indonesia

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Komunis Cina itu mengatakan Indonesia dan Cina sudah saling membantu dalam mengatasi pandemi virus. Presiden Xi juga menekankan pentingnya sinergi yang kokoh sehingga masyarakat internasional mampu melawan Corona.

Sementara itu, Jokowi mengatakan bahwa di bawah kepemimpinan Xi, masyarakat Cina telah melewati pencapaian penting dalam memerangi virus Corona sehingga dunia dapat belajar dari mereka.

Tak lupa Jokowi menyampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan Cina kepada Indonesia dalam mengatasi wabah tersebut. Bantuan Cina, ujar Jokowi, sangat penting bagi Indonesia.

Jokowi menyatakan, virus tidak mengenal batas negara dan sudah menjadi musuh bersama umat manusia. Sehingga, katanya, Indonesia siap bekerja sama dengan Cina guna memperkuat solidaritas dan kerja sama internasional. Indonesia telah menerima bantuan alat kesehatan dari Cina yang diangkut tiga pesawat berbeda dari Shanghai menuju Jakarta.

Continue Reading

Dunia

Malaysia Lockdown, 4.444 TKI Pulang Lewat Riau

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Jakarta – Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Provinsi Riau melaporkan sebanyak 4.444 orang tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Malaysia yang pulang ke Indonesia lewat provinsi itu. Para TKI ini memilih pulang lantaran Malaysia menerapkan kebijakan lockdown untuk mencegah penyebaran Corona.

“Jumlah TKI sebanyak itu tercatat sejak pekan keempat Maret hingga 1 April 2020,” ujar Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Riau Chairul Riski, Chairul Riski, dikutip dari Antara pada Kamis (2/4/2020).

Menurutnya, ribuan pekerja migran itu masuk melalui tiga pelabuhan usai sebelumnya diberangkatkan dari Malaysia via Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

“Tiga pelabuhan itu yakni Pelabuhan Tanjung Harapan di Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Pelabuhan Domestik Bandar Sri Junjungan Dumai di Kota Dumai, dan Pelabuhan Bandar Sri Laksamana di Kabupaten Bengkalis,” katanya lagi.

Ia mengatakan TKI atau WNI yang datang melalui Pelabuhan Tanjung Harapan di Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti mencapai 2.765 orang. Dari jumlah itu ada 506 orang yang berasal dari daerah lain dan sudah dipulangkan.

Lalu, melalui Pelabuhan Domestik Bandar Sri Junjungan Dumai di Kota Dumai terdapat 331 orang. Dari jumlah itu hanya 16 orang yang merupakan warga kota pelabuhan tersebut, sedangkan 315 lainnya dari daerah lain dan sudah dipulangkan.

Sedangkan yang masuk melalui Pelabuhan Bandar Sri Laksamana di Kabupaten Bengkalis sebanyak 1.348 orang. Dari jumlah tersebut 964 orang adalah warga setempat, sedangkan 194 lainnya sudah dipulangkan ke daerah asalnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Riau Indra Yovi mengatakan, ribuan TKI yang pulang memang langsung ditetapkan sebagai orang dalam pemantauan (ODP) lantaran Malaysia termasuk negara penularan penyakit tersebut.

“Seluruh TKI dipantau kesehatannya ketika tiba berupa pengukuran suhu tubuh dan disemprot cairan disinfektan,” tandas dia.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com