Connect with us

Nasional

Respon Mewabahnya Pandemik Virus Corona, Begini Imbauan Katolik

Published

on

Agus Wibowo Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB

Geosiar.com, Jakarta – Gereka Katolik Indonesia menyampaikan imbauan kepada umat katolik di tengah wabah pandemik virus Corona. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Keuskupan Agung Jakarta Romo V. Adi Prasojo Pr. pun turut mengumumkan beberapa poin terkait dukungan gereja terhadap penanganan virus corona atau COVID-19 ini.

Setelah menyepakati bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Rm Adi Prasojo menyampaikan sejumlah poin dukungan Gereja Katolik Indonesia. Ia mengatakan bahwa gereja katolik serta umat katolik Indonesia senantiasa mendukung dan melaksanakan kebijakan pemerintah.

“Gereja katolik Indonesia merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia siap bersama-sama melakukan bela negara dan cinta tanah air,” tutur Romo Adi.

Romo Adi Prasojo mengimbau seluruh keuskupan di Indonesia untuk meniadakan misa peribadatan harian maupun mingguan. Selain itu juga meniadakan semua ritual peribadatan yang melibatkan dan diprediksi akan dihadiri banyak orang. Baik di paroki, lingkungan, wilayah dan sebagainya mulai 21 Maret hingga 3 April 2020.

Sesudah periode tersebut, gereja katolik Indonesia bakal mengevaluasi sesuai kebijakan dan arahan dari pemerintah.

Guna menjadi dukungan terhadap pemerintah, Romo Adi menyatakan, rumah-rumah sakit dan tenaga medis lain bakal mengambil bagian sebagai sukarelawan untuk membantu pemerintah melawan wabah pandemik virus berpotensi mematikan ini.

“Ormas-ormas katolik, seperti Wanita Katolik Republik Indonesia, Ikatan Sarjana Katolik Indonesia, Pemuda Katolik, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia, dan Forum Masyarakat Katolik Indonesia serta universitas-universitas katolik, lembaga dan elemen katolik lain menyediakan diri untuk menjadi relawan mendukung pemerintah bersama-sama menghadapi wabah Covid-19,” jelas Romo Adi.

Romo Adi juga menyampaikan kesiapsediaan para cendikiawan dan ilmuwan katolik untuk turut memberikan sumbang-saran kepada pemerintah dalam melawan Covid-19.

Romo Adi Prasojo menyampaikan pernyataan gereja katolik setelah bertemu dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Graha BNPB.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BNPB yang juga Ketua Gugus Tugas Doni Monardo mengharapkan berbagai pihak untuk meningkatkan kesadaran kolektif masyarakat. Masyarakat diharapkan dapat menyadari bahaya wabah Corona sehingga mereka mampu melakukan berbagai macam upaya untuk mencegah dan memitigasi.

“Diharapkan korban jiwa dapat dikurangi,” tandas Doni.

Doni juga menyampaikan bahwa Gereja Katolik Indonesia memberikan bantuan dalam penanganan Covid -19. Bantuan tersebut berupa dukungan dokter yang dapat menjadi bagian dari tim sukarelawan dan sejumlah rumah sakit katolik untuk pasien virus ini.

Nasional

Melonjak Tinggi, Harga Emas Antam Rp944.000/gram

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Jakarta – Harga emas PT Antam dilihat dari laman Logam Mulia di Jakarta, Jumat (3/4/2020) tercatat melonjak tinggi sebesar Rp26.000 per gram bertahan di angka Rp944.000 per gram dari sebelumnya Rp918.000/gram.

Sementara untuk harga jual emas Antam ikut menanjak drastis sebesar Rp23.000 per gram, sehingga tercatat harga jual emas Antam yakni Rp845.000 per gram.

Transaksi harga jual lantaran potongan pajak, sesuai dengan PMK No 34/PMK.10/2017. Penjualan kembali emas batangan ke PT Antam Tbk dengan nominal lebih dari Rp10 juta, dikenakan PPh 22 sebesar 1,5 persen (untuk pemegang NPWP dan 3 persen untuk non-NPWP). PPh 22 atas transaksi buy back dipotong langsung dari total nilai buy back.

Berikut harga pecahan emas batangan tercatat di Logam Mulia Antam :

  • Harga emas 0,5 gram : Rp496.500
  • Harga emas 1 gram : Rp944.000
  • Harga emas 2 gram : Rp1.837.000
  • Harga emas 3 gram : Rp2.734.000
  • Harga emas 5 gram : Rp4.540.000
  • Harga emas 10 gram : Rp9.015.000
  • Harga emas 25 gram : Rp22.430.000
  • Harga emas 50 gram : Rp44.785.000
  • Harga emas 100 gram : Rp89.500.000
  • Harga emas 250 gram : Rp223.500.000
  • Harga emas 500 gram : Rp446.800.000
  • Harga emas 1.000 gram : Rp893.600.000

Potongan pajak harga beli emas sesuai dengan PMK Nomor 34/PMK.10/2017, pembelian emas batangan dikenakan PPh 22 sebesar 0,45 persen (untuk pemegang NPWP dan 0,9 persen untuk non-NPWP). Setiap pembelian emas batangan disertai dengan bukti potong PPh 22.

Continue Reading

Dunia

Via Telepon, Presiden Cina Tawarkan Bantuan Hadapi Virus Corona untuk Indonesia

Published

on

Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden Cina Xi Jinping

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Cina Xi Jinping mengaku siap membantu Indonesia dalam mengatasi wabah penyebaran virus Corona.

Dalam percakapan melalui telepon dari Beijing dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Kamis (2/4/2020), Xi mengaku prihatin atas penyebaran virus yang makin meluas ke berbagai negara dan kawasan termasuk Indonesia.

“Atas nama pemerintah dan rakyat Cina, menyampaikan rasa simpati kepada masyarakat Indonesia,” tutur otoritas Cina seperti dikutip dari Antara pada Jumat (3/4/2020).

Xi kemudian menawarkan bantuan kepada Pemerintah Indonesia. Xi juga yakin Presiden Jokowi mampu mengatasi pandemi Corona di Indonesia

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Komunis Cina itu mengatakan Indonesia dan Cina sudah saling membantu dalam mengatasi pandemi virus. Presiden Xi juga menekankan pentingnya sinergi yang kokoh sehingga masyarakat internasional mampu melawan Corona.

Sementara itu, Jokowi mengatakan bahwa di bawah kepemimpinan Xi, masyarakat Cina telah melewati pencapaian penting dalam memerangi virus Corona sehingga dunia dapat belajar dari mereka.

Tak lupa Jokowi menyampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan Cina kepada Indonesia dalam mengatasi wabah tersebut. Bantuan Cina, ujar Jokowi, sangat penting bagi Indonesia.

Jokowi menyatakan, virus tidak mengenal batas negara dan sudah menjadi musuh bersama umat manusia. Sehingga, katanya, Indonesia siap bekerja sama dengan Cina guna memperkuat solidaritas dan kerja sama internasional. Indonesia telah menerima bantuan alat kesehatan dari Cina yang diangkut tiga pesawat berbeda dari Shanghai menuju Jakarta.

Continue Reading

Lifestyle

PLN Beri Token Listrik Gratis dan Diskon Tarif 50%, Begini Caranya!

Published

on

Ilustrasi PLN

Geosiar.com, Jakarta – PT PLN (Persero) menyediakan mekanisme atau tata cara mendapatkan pembebasan biaya tarif listrik untuk konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA). Selain itu juga pemberian keringanan tagihan sebesar 50% kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA.

Para pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar tagihannya bakal dibebaskan langsung pada bulan April, Mei hingga Juni mendatang.

Sedangkan bagi para pelanggan pra bayar bisa memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke nomor WA 08122-123-123 atau bida juga melalui situs resmi PLN. Dengan ID tersebut, pelanggan dipastikan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Sementara diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan didiskon 50%.

Kemudian untuk pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Dikutip dari keterangan resmi PLN, Jakarta pada Kamis (2/4/2020), berikut ini mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi.

Mekanisme website dengan cara:

  1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
  2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
  3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Bisa juga mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara :

  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
  3. Token gratis akan muncul.
  4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Guna ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan memperoleh token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Hingga kini sudah ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem.

Proses ini dipastikan tuntas dalam sepekan ke depan, sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon bisa terlayani semuanya.

“Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut,” kata Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka.

Ia menyatakan bahwa, kebijakan pemberian keringanan tagihan listrik ini sebagai bentuk kehadiran negara dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan tidak mampu.

“Ini bukti PLN bersama Pemerintah siap hadir di setiap kondisi” tutup Made.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com