Connect with us

Sumut

36 Tokoh, Balon Kepala Daerah Sampaikan Visi dan Misi di Partai Demokrat

Published

on

Balon kepala daerah sampaikan visi dan misi Partai Demokrat

Geosiar.com, Medan – Sebanyak 36 tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan pendidikan, bakal calon (Balon) kepala daerah dan wakil kepala daerah yang mengikuti tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten/Kota di Sumatera Utara (Sumut), telah menyampaikan visi dan misi di Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumut, Jalan Gatot Subroto Medan.

Penyampain visi-misi yang digelar Sabtu (21/03/2020) pukul 09.00 WIB hingga malam pukul 22.00 WIB tersebut berlangsung aman dan sukses.

Sebelum memasuki lokasi acara, para balon kepala/wakil kepala daerah bersama beberapa pendukungnya terlebih dahulu dilakukan pengukuran suhu badan yang dipandu dokter serta perawat. Juga pemberian cairan pembersih tangan sanitizer yang dipersiapkan Tim Penjaringan Pilkada DPD Partai Demokrat Sumut yang diawasi pihak Kepolisian.

Ketua Tim Penjaringan Pilkada DPD Partai Demokrat Sumut, Ir. Bangun Tampubolon, M.Si didampingi Sekretaris DR. Masdar Limong, MP.d, Bendahara Saut Parulian Gurning, SH menyebutkan, pihaknya membatasi jumlah pendukung balon kepala daerah, sesuai anjuran pemerintah agar tidak mengumpulkan massa yang besar.

Demikian juga para balon peserta Pilkada yang menyampaikan visi-misi diatur jam jadwalnya, sehingga tidak terjadi penumpukan orang/massa.

“Kami sudah atur jadwal siapa balon yang menyampaikan visi-misi sejak pagi hingga malam, sehingga tidak ada penumpukan orang. Bahkan wartawan yang meliput juga kami batasi jumlahnya.Terimakasih buat kepolisian yang memantau kegiatan ini sejak pengukuran suhu badan dan pemakaian cairan pembersih tangan,” sebut Bangun seraya menyebut, setelah para balon menyampaikan visi-misi diperbolehkan pulang.

Bangun Tampubolon yang didampingi sejumlah panitia lainnya seperti, Ristiawaty, Ika Wahyuni Fitri, Jesayas Tarigan, Maju Manalu, Herman Ndruhu, Jonni Naibaho, Harri Darmawan dan lainnya menambahkan, sejak Jumat hingga Sabtu (21/3/2020) malam sudah ada 36 balon kepala/wakil kepala daerah yang telah menyampaikan visi dan visi di kantor DPD Partai Demokrat Sumut.

Untuk penyampaian visi-misi yang digelar Sabtu (21/3/2020) diikuti 23 balon yang merupakan tokoh dari berbagai kalangan yang mengikuti Pilkada di Kabupaten Toba, Labuhanbatu Utara, Nias, Nias Selatan, Nias Barat, Nias Utara dan Gunung Sitoli.

Sebelumnya pada Jumat, Balon kepala/wakil kepala daerah Pematangsiantar, Binjai dan Labuhanbatu Selatan sudah menyampaikan visi-misi.

Dari pantauan wartawan, para balon yang menyampaikan visi-misi umumnya berpasangan. Bahkan Balon Bupati Toba (incumbent) Ir. Darwin Siagian tetap berpasangan dengan wakilnya saat ini Hulman Sitorus.

Ke 23 balon yang menyampaikan visi dan misi, Sabtu pagi hingga malam tersebut yakni (Gunung Sitoli): Lakhomizaro, Sowa’a Laoli, Hadirat Syukur Totonga Gea dan Damili R. Gea.

Lalu (Nias): Arisoki Waruwu,Asaldin Gea,Drs Christian Zebua, Anofuli Lase. (Nias Selatan): Hilarus Duha, Firiman Giawa, Monasduk Duha, Orudugo Halawa, Ranto H Dachi, Sokhizaro Laia, (Nias Utara): Haogosochi Hulu, Hiskia Harefa, Marselinus Ingati Nazara, Yusman Zega, Amizaro Waruwu. (Nias Barat): Elyunus Waruwu, Mareko Zebua, Paduhusi Daely, Yamotuho Gulu. Labuhanbatu Utara Kapt. Inf Darno dan Ahmad Rizal.

Sedangkan (Kabupaten Toba): Darwin Siagian, Hulman Sitorus, Simson Panjaitan dan Tota Manurung.

Penyampaian visi-misi yang dipandu moderator Herman Ndruhu dan Jesayas Tarigan dengan panelis Ir. Bangun Tampubolon, M.Si, DR. Masdar Limbong, Martinus Lase, Saut Parulian Gurning, Roy Simanjuntak dan Nitema Gulo itu berlangsung aman dan tertib.

Sebelumnya Plt Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, Herri Zulkarnain Hutajulu dan Sekretaris Hj. Melizar Latif menyebutkan, visi dan misi digelar sesuai tahapan/petunjuk pelaksanaan (juklak) DPP Partai Demokrat agar dalam penjaringan, balon kepala daerah di 23 kabupaten/kota diwajibkan untuk menyampaikan visi-misi.

Herri menambahkan, penyampaian visi dan misi dihadapan kader Partai Demokrat dan tokoh mayarakat merupakan salah satu syarat bagi balon  untuk mendapatkan rekomendasi menjadi calon kepala daerah yang diusung Partai Demokrat nantinya di Pilkada serentak 23 September 2020 mendatang.

Hingga saat ini kata Herri, sudah 113 balon kepala/wakil kepala daerah di 23 kabupaten /kota yang mendaftar ke Partai Demokrat yang kesemuanya balon tersebut merupakan tokoh masyarakat, tokoh pendidik, tokoh agama, tokoh pemuda di Sumut .

Setelah penyampaian visi misi, DPD Partai Demokrat Sumut, sebut Herri akan menyerahkan nama para Balon tersebut kepada Lembaga Survey Nasional untuk dilakukan survey dan disampaikan kepada publik untuk mendapat masukan dan penilain dari masyarakat.

“Hasil visi-misi, survey serta penilaian masyarakat tersebut nantinnya akan disampaikan kepada Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Siapa yang menjadi calon kepala/wakil kepala daerah yang diusung Partai Demokrat merupakan keputusan Ketua Umum DPP Partai Demokrat,” kata Herri Zulkrnain Hutajulu. (X1/rel)

Sumut

Anggota DPRD Sumut Aulia Agsa Pasien Corona Pertama yang Sembuh di Sumut

Published

on

Anggota DPRD Provinsi Sumut, Aulia Agsa

Geosiar.com, Medan – Anggota DPRD Provinsi Sumut, Aulia Agsa yang dinyatakan positif corona atau Covid-19 mengungkapkan kondisinya sudah dalam keadaan lebih baik.

“Alhamdulillah sebenarnya udah boleh pulang. Tapi, karena hasil swab kedua belum keluar, makanya masih di sini (RS Adam Malik),” kata Aulia saat dikonfirmasi pada Sabtu (4/4/2020).

Aulia mengatakan menyelesaikan masa isolasi selama 18 hari dengan baik.

“Kan aku sakit, Sabtu 3 minggu lalu. Artinya udah 3 minggu sejak mulai gejala kan. Sedangkan corona bertahan di tubuh itu 14 hari,” ungkapnya.

Saat di rawat atau diisolasi di RS Adam Malik, politikus Partai Gerindra ini mengaku diperlakukan dengan baik. Tidak lupa ia mengucapkan rasa terimakasih kepada tenaga medis.

“Makanan di sini pun dijaga,” tandasnya.

Diketahui sebelumnya Aulia Rizki Agsa dinyatakan positif virus corona atau covid-19. Hal itu diketahui Aulia setelah hasil tesnya keluar Selasa sore, 24 Maret 2020. Sebelum dinyatakan positif, Aulia juga sudah menjalani karantina atau isolasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik.

Sebelum menjalani isolasi, Aulia memiliki riwayat perjalanan ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), tepatnya Kota Manado.

“Waktu mau pulang dari Manado yang sempat demam tinggi, saya gak tau terpapar di mana, di Manado atau Jakarta. Tapi mungkin pas di Jakarta antara tanggal 4 – 8 Maret,” tutur dia.

Continue Reading

Sumut

Sekda Sumut: Medan, Deli Serdang Hingga Tanjungbalai Zona Merah Covid-19

Published

on

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina

Geosiar.com, Medan – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina mengumumkan, Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang dan Kota Tanjungbalai masuk ke dalam zona merah penyebaran virus corona (Covid-19). Tiga daerah tersebut memiliki kepadatan penduduk dan mobilitas masyarakat tinggi.

“Daerah ini menjadi pintu masuk dari luar. Karena itu, untuk penanganan Covid-19 yang tengah mewabah saat ini dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit dari pemerintah, mulai dari pusat hingga provinsi dan kabupaten/kota,” ujar Sabrina, Jumat (3/4/2020).

Sabrina mengungkapkan pihaknya bakal menyiapkan 1.500 ruang isolasi untuk pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona. Kini terdapat lima rumah sakit (RS) yang siap menjalankan protokol kesehatan Covid-19, yaitu RS GL Tobing, RS Martha Friska I dan II, RS Abdul Madan dan RS Gunungsitoli.

“Selain itu ada juga sebanyak 206 rumah sakit yang tersebar di Sumut,” tuturnya.

Sabrina, Hingga kini pihaknya telah menerima 2.850 Alat Pelindung Diri (APD) dan 10.800 alat rapid test. Ia menuturkan Pemprov Sumut juga sudah memesan 10 ribu APD tambahan.

Di sisi lain, lanjut Sabrina, Pemprov Sumut juga sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp500 miliar untuk penanganan virus corona. Akan tetapi, dengan perkembangan dan kondisi sekarang ini diperkirakan kebutuhan bisa mencapai Rp825 miliar.

“Untuk itu kami akan lakukan perubahan fokus anggaran kedua. Selanjutnya seperti yang kami pertanyakan ke Kemendagri, bahwa untuk insentif petugas medis yang bekerja, menjadi tanggungan dari daerah masing-masing (Pemprov) yang menyediakan,” tandasnya.

Sampai hari ini jumlah pasien positif corona di Sumut sebanyak 22 orang dan 3 pasien di antaranya meninggal dunia. Sedangkan total pasien positif terinfeksi virus corona di Indonesia secara kumulatif mencapai 1.986 kasus. Dari jumlah itu, 181 orang meninggal dan 134 orang dinyatakan sembuh.

Berikut sebaran kasus corona di Kota Medan. Update data terakhir pada Kamis 2 April 2020:

1. MEDAN SELAYANG

ODP : 20
PDP : 13

Covid (+) : 3
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 1
Sembuh : 0

2. MEDAN TIMUR

ODP : 16

PDP : 4
Covid (+) : 2

Meninggal Covid : 1

Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

BACA JUGA: Medan, Deli Serdang dan Tanjung Balai Zona Merah Covid-19 di Sumut

3. MEDAN PETISAH

ODP : 21

PDP : 5

Covid (+) : 3

Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

4. MEDAN PERJUANGAN

ODP : 33

PDP : 3

Covid (+) : 1
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 1

5. MEDAN POLONIA

ODP : 26
PDP : 0

Covid (+) : 0

Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

6. MEDAN BARU

ODP : 15
PDP : 3
Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0


7. MEDAN MAIMUN

ODP : 12
PDP : 3
Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0


8. MEDAN TEMBUNG

ODP : 35

PDP : 5
Covid (+) : 1
Meninggal Covid : 1
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0


9. MEDAN LABUHAN

ODP : 53
PDP : 3
Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

10. MEDAN MARELAN

ODP : 19
PDP : 0
Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

11. MEDAN JOHOR

ODP : 29
PDP : 10

Covid (+) : 1
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

12. MEDAN AREA

ODP : 26
PDP : 4
Covid (+) : 1
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

13. MEDAN AMPLAS

ODP : 30
PDP : 2
Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

14. MEDAN BELAWAN

ODP : 38
PDP : 0
Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

15. MEDAN TUNTUNGAN

ODP : 139

PDP : 11
Covid (+) : 2

Meninggal Covid : 1
Meninggal PDP : 1
Sembuh : 1

16. MEDAN DELI

ODP : 24
PDP : 2
Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

17. MEDAN BARAT

ODP : 35
PDP : 5
Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

18. MEDAN DENAI

ODP : 69

PDP : 9
Covid (+) : 1
Meninggal Covid : 0

Meninggal PDP : 2
Sembuh : 0

19. MEDAN HELVETIA

ODP : 12
PDP : 5

Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

20. MEDAN SUNGGAL

ODP : 28
PDP : 8
Covid (+) : 2
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

21. MEDAN KOTA

ODP : 24

PDP : 1

Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

Total ODP : 701

Total PDP : 96

Total Covid (+) : 17

Total Meninggal Covid : 3

Total Meninggal PDP : 4

Total Sembuh : 2

Continue Reading

Sumut

Dua Warga Langkat PDP Virus Corona

Published

on

Ilustrasi Pasien dan Tim Medis Virus Corona

Geosiar.com, Langkat – Satuan Tugas Gugus Percepatan Pencegahan Virus Corona atau COVID-19 Kabupaten Langkat mendata, hingga kini dua Pasien Dengan Pengawasan (PDP), yang mendapat perawatan di dua rumah sakit berbeda.

Hal tersebut disampaikan juru bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Langkat dr Muhammad Arifin Sinaga MAP, di Stabat, Sabtu (4/4/2020).

Arifin Sinaga mengatakan, hingga sekarang ini terdapat dua warga PDP sudah dirawat di rumah sakit. Satu pasien dirawat di rumah sakit GL Tobing PTPN II Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang untuk menjalani isolasi.

“Yang satu lagi mendapat perawatan juga dengan isolasi di Rumah Sakit Putri Bidadari Kecamatan Wampu Langkat,” katanya.

Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga saat ini masih berjumlah 26 orang dan itu menjalani isolasi mandiri di kediamannya masing-masing.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com