Connect with us

Sumut

Cegah Corona, Umat Katolik KAM Beribadah Secara e-Church lewat Radio Maria Mulai Besok

Published

on

Uskup Keuskupan Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung, OFMCap

Geosiar.com, Medan – Umat Katolik di Keuskupan Agung Medan (KAM) bakal menggelar ibadah secara e-Church. Umat Katolik di KAM beribadah secara online melalui Radio Maria mulai besok, Minggu (22/3/2020) dan (29/3/2020). Upaya ini guna menangkal meluasnya penyebaran virus corona dan mendukung kebijakan pemerintah.

Demikian surat keputusan yang ditandatangani Uskup Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung, pimpinan tertinggi di KAM. Dalam surat itu dijelaskan, selain ibadah, kegiatan yang bersifat mengundang keramaian di gereja juga ditiadakan untuk sementara. Hal tersebut berlaku sejak 21 Maret hingga 4 April.

Salah seorang pengurus gereja di Stasi St Diego Martoba, Paroki Pasar Merah, Medan, yang bernaung di KAM, Vincen Simangunsong, membenarkan informasi tersebut.

“Sesuai arahan Bapak Uskup Agung Medan, Minggu tanggal 22/3-2020 dan Minggu tanggal 29/3-2020, tidak ada ibadah di gereja kita St Diego martoba (tutup). Kita ibadah online, melalui radio Maria,” ujar Vincen.

Uskup Keuskupan Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung, OFMCap mengatakan, pihaknya mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19 serta mendengar pendapat Dewan Konsulkam. Oleh karenanya, ia memutuskan untuk meniadakan semua kegiatan kegerejaan yang mengumpulkan banyak orang.

“Ya benar tidak ada Misa Mingguan dan Misa Harian dua minggu kedepan,” ucap Mgr. Kornelius, Jumat (20/3/2020).

Ia menjelaskan, kegiatan kegerejaan yang dimaksud yakni Misa Mingguan dan Misa Harian, Misa Mingguan akan disiarkan online oleh Radio Maria, latihan-latihan untuk Pekan Suci, kursus-kursus dan pembinaan umat, rapat-rapat dan pertemuan-pertemuan lainnya.

Begitu pula dengan misa lingkungan, misa arwah, pembahasan Poster APP dan Jalan Salib serta ibadah tobat dan Sakramen Tobat di lingkungan.

“Marilah kita semua saling mendukung, saling meneguhkan dengan doa mohon perlindungan,” tandas uskup.

Sumut

Dampak Corona, ‘Tebing Tinggi’ Memanggil Disambut Masyarakat

Published

on

Tebing Tinggi Memanggil disambut masyarakat

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Dampak dari penyebaran virus Covid-19, umat di seluruh dunia mulai kalang kabut dan mempersiapkan diri untuk mendapatkan imunisasi lengkap.

Begitu pula dengan masyarakat kelompok Tebing Tinggi Memanggil. Wadah yang diprakarsai Ketua Aliansi Masyarakat Tebing Tinggi dan Ketua Tako ini ternyata disambut warga dengan menyalurkan bantuan.

Hari ini, wadah Tebing Tinggi Memanggil menurut Dian Adhi Pradana Isa, Jumat (3/4/2020) warga kian ramai menyalurkan bantuan beras.

“Pagi ini pihak Komisi Pemilihan Umum menyumbangkan beras. Kemarin ada Wakil Ketua DPRD, Azwar turut menyumbang beras, toko penggiling beras dan lainnya,” ungkap Dian.

Menurut Dian, bantuan ini akan diserahkan ke masyarakat yang kurang mampu dan terdampak virus corona.

“Kita berusaha mengurangi beban yang kian menyilimuti masyarakat dan berharap kita semua sehat dan mari jaga kesehatan bersama dengan cuci tangan,” katanya.

Perlu diketahui, Aliansi dan Tako Tebing Tinggi sudah menyemprot rumah ibadah dan menyediakan lokasi cuci tangan dirumah ibadah dan tempat umum.

Continue Reading

Sumut

Cegah Penyebaran Corona, Polsek Padang Hulu Wajibkan Tamu Cuci Tangan

Published

on

Polsek Padang Hulu Polres Tebing Tinggi menyediakan tempat mencuci tangan dan hand sinitizer di fasilitas pelayanan publik

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Polsek Padang Hulu Polres Tebing Tinggi menyediakan tempat mencuci tangan dan hand sinitizer di fasilitas pelayanan publik. Hal itu sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Tempat mencuci tangan sekaligus cairan hand sanitizer dipasang di titik depan pintu masuk, Jalan Gatot Subroto.

Menurut Kapolsek Padang Hulu, Iptu Beringin pada Jumat (3/4/2020) di ruang kerjanya mengatakan, tempat mencuci tangan dan cairan hand sinitizer dipasang di pintu masuk guna mencegah penyebaran virus Covid-19 dan menjaga keamanan bersama.

“Mencegah penyebaran virus Covid-19 dan menjaga keamanan bersama,” ucapnya.

Continue Reading

Sumut

Akhyar Nasution Apresiasi MITSU Berikan Alkes ke 20 Rumah Sakit di Sumut

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengapresiasi warga Tionghoa yang tergabung dalam Perhimpunan Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumut (MITSU). Apresiasi karena mereka telah peduli terhadap penangan wabah virus Corona khususnya yang ada di Kota Medan.

Apresiasi tersebut disampaikan Akhyar saat menghadiri Pemberian Alat Kesehatan (Alkes) kepada 20 Rumah Sakit di Sumatera Utara di halaman MITSU Jalan Komodor Yos Sudarso Medan. Pemberian Alkes tersebut diserahkan oleh Ketua Harian Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumatera Utara (MITSU) Juswan Tjoe kepada perwakilan masing-masing rumah sakit, Kamis (2/4/2020).

“Kita tahu alat pelindung diri (APD) sangat dibutuhkan oleh tim medis dalam menangani pasien di rumah sakit. Terlebih kini APD menjadi barang langka di pasaran. Untuk itu saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan MITSU, kepedulian terhadap tenaga medis selaku garda terdepan harus pula kita perhatikan bersama,” ungkap Akhyar didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr. Edwin Effendi, M.Sc.

Akhyar juga mengungkapkan bahwa dengan niat tulus yang diberikan saat ini sangat berarti untuk semua para anggota medis, sehingga menambah kepercayaan para anggota medis di seluruh Sumatera Utara khususnya Kota Medan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

“Atas nama Pemko Medan, saya mengucapkan terima kasih atas upaya kerja keras yang diberikan, ibaratnya walaupun cuman setetes air yang diberikan tetapi hal tersebut akan sangat berharga bagi yang membutuhkannya di tengah suasana yang seperti ini,” kata Akhyar.

Selanjutnya, Akhyar menjelaskan bahwa Wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) tidak mengenal siapa yang akan diserangnya, semua orang memiliki potensi terserangnya virus corona tersebut. “Maka, kita jaga kesehatan dan kebersihan diri kita masing-masing dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun serta berada di rumah jika tidak memiliki kepentingan, dengan begitu kita tidak dapat tertular dari virus corona,” jelas Akhyar.

Sementara itu Ketua Harian Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumatera Utara (MITSU) Juswan Tjoe mengatakan hal ini merupakan keempat kalinya Perhimpunan Mitsu memberikan bantuan untuk para anggota medis yang berada di rumah sakit. Juswan menyatakan perhimpunan Mitsu ingin turut membantu bangsa yang saat ini berada dalam kesulitan dengan minimnya ketersediaan Alkes.

“Hari ini kami serahkan bantuan secara simbolis ke 20 rumah sakit yang ada di Sumatera Utara berupa Alkes dan APD yang saat ini sangat diperlukan oleh rumah sakit. Bukan hanya memberikan bantuan ke rumah sakit saja, tetapi kami juga akan mencari jalan keluar bersama unsur terkait untuk membantu masyarakat yang kesulitan,” ungkapnya.

Adapun Alkes yang diberikan berupa Masker Disposable/Sensi sebanyak 20 kotak, Masker N95 sebanyak 1 kotak, Handschoen Dispoable 3 kotak, Handschoen Panjang 1 kotak, Handscrub Cairan Disinfektan sebanyak 2 botol dan Sabun sebanyak 1 karton.

Alkes tersebut diberikan kepada 20 rumah sakit yang ada di Sumatera Utara yakni, RS Bhayangkara Tebing Tinggi, RS Kumpulan Pane Tebing Tinggi, RS Pamela Tebing Tinggi, RS Chevani Tebing Tinggi, RSU Deli Serdang, RS Rantau Parapat, RS Bandung Medan, RSU Bunda Thamrin, RS Royal Prima, RS Sembiring, RS Islam Malahayati Medan, RSUP Adam Malik Medan, RS Imelda Medan, RS Sari Mutiara Medan, RS Columbia Asia Medan, RS Murni Teguh Medan, RS Bina Kasih Medan, RS Siloam Medan, RS St Elisabeth Medan dan RS Martha Friska Medan. (rel/lamru)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com