Connect with us

Sumut

Antisipasi Corona, Gereja HKI Sei Semayang Semprot Disinfektan Hingga Sediakan Hand Sinitizer

Published

on

Pdt. Daniel Bonardo Pane, S.Th didamping tim penyemprotan disinfektan (Geosiar.com/Tees)

Geosiar.com, Medan – Gereja Huria Kristen Indonesia (HKI) Resort Khusus Sei Semayang dilakukan penyemprotan disinfektan pada Sabtu (21/3/2020). Upaya ini dilakukan guna pencegahan dan penyebaran virus Corona atau COVID-19 yang kini tengah mengganas di sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya Sumatera Utara (Sumut).

Pencegahan terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik dan membunuh mikroorganisme ini dilakukan di berbagai titik gereja yang terletak di Jalan Horas, Medan Krio, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumut ini. Mulai dari pintu gerbang, halaman gereja, ruangan ibadah di lantai 1 dan 2, ruang konsistori, gedung Paud, hingga rumah pendeta.

Kegiatan ini dipantau langsung oleh Pdt. Daniel Bonardo Pane, S.Th. Dirinya mengungkapkan bahwa kegiatan ini untuk persiapan dilaksanakannya ibadah di hari Minggu. Ia mengatakan hal ini juga merupakan aksi tindak lanjut dari perintah pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran virus corona yang berpotensi mematikan ini.

“Penyemprotan disinfektan di gereja ini dilakukan agar besok saudara-saudara kita dapat melaksanakan ibadah dengan rasa aman, nyaman dan tidak takut terhadap penyebaran virus tersebut,” jelas Pdt. Pane.

Pdt Pane juga mengimbau kepada masyarakat terkhusus jemaat di gereja itu agar selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri maupun lingkungan. Rajin mencuci tangan serta menggunakan hand sanitizer.

“Jaga pola hidup sehat dengan olahraga teratur, menjaga pola makan agar tubuh lebih dapat mengantisipasi segala macam virus,” lanjut dia.

Tak hanya melakukan penyemprotan disinfektan, gereja ini juga menyediakan hand sanitizer yang dapat digunakan sebagai upaya pencegahan COVID-19.

Sekadar informasi, di Indonesia kini sudah ada 450 orang yang dinyatakan positif terjangkit virus corona, 38 meninggal dunia dan 20 orang sembuh. Penyataan itu disampaikan Juru Bicara Pemerintah Achmad Yurianto  saat konferensi pers di Jakarta yang disiarkan langsung pada Sabtu (21/3/2020). (Tees)

Sumut

Update Virus Corona di Sumut, 14 Positif

Published

on

Ilustrasi Tim Medis

Geosiar.com, Medan – Jumlah kasus positif Corona atau COVID-19 di Sumatera Utara (Sumut) kini bertambah. Gugus Tugas COVID-19 Sumut melaporkan ada 14 kasus positif Corona.

Hal itu disampaikan jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumut Mayor Kes Whiko Irwan dalam live streaming yang ditayangkan dalam akun YouTube Humas Sumut. Ia menyatakan jumlah itu per 28 Maret 2020 pukul 17.00 WIB.

Selain itu, dia mengatakan ada 77 orang pasien dalam pengawasan (PDP). Ada juga 4.064 orang dalam pemantauan (ODP) Corona.

“Orang positif COVID-19 mengalami peningkatan 35,7 persen,” kata dia.

Akan tetapi Whiko tak menjelaskan identitas para pasien positif Corona itu. Dia juga tak menyebut di mana para pasien positif Corona itu dirawat.

Continue Reading

Sumut

Pemko Medan Perpanjang Libur Sekolah Hingga 29 Mei 2020

Published

on

Medan, Geosiar.com – Dalam rangka mengantisipasi dan upaya preventif menyikapi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), serta menjaga sekaligus melindungi masyarakat Kota Medan dari virus berbahaya tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi kembali mengeluarkan Surat Edaran No.443/2762 tanggal 27 Maret 2020 tentang Antisipasi Penyebaran Lebih Luas Covid 19 di Kota Medan.

Dalam surat edaran tersebut, Akhyar Nasution memperpanjang kembali program belajar dari rumah bagi para pelajar SD dan SMP yang berada di wilayah Kota Medan. Perpanjangan itu dilakukan guna mengantisipasi agar penyebaran virus Covid 19 tidak semakin meluas dan masif di Kota Medan.

Di surat edaran itu, Akhyar menginstrukan kepada seluruh satuan Pendidikan yang ada di wilayah Kota Medan untuk tetap melakukan pembelajaran dengan sistem during/online dengan menggunakan Whatsapp/Group rumah belajar, ruang guru atau jenis pembelajaran online lainnya sampai 29 Mei 2020.

“Saya berharap agar perpanjangan masa belajar dari rumah ini dapat digunakan sebaik-baiknya oleh para siswa. Saya minta kepada guru dan orang tua dapat mengawasinya dengan sebaik-baiknya agar berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 lebih meluas di Kota Medan yang kita cintai bersama,” kata Akhyar.

Kepada Satuan Pendidikan, Pendidik serta tenaga kependidikan, Akhyar selanjutnya meminta agar tetap melaksanakan tugas work from home sampai tanggal 29 Mei 2020. Akhyar juga berharap agar para guru dapat mengoptimalkan kegiatan pembelajaran daring/online dan melaporkan secara berkala kepada kepala sekolah dan pengawas.

Terakhir dalam surat edaran tersebut, Akhyar tak lupa berpesan kepada seluruh orang tua siswa untuk tetap senantiasa menjaga dan mengawasi anaknya di rumah agar tidak keluar rumah apabila tidak ada kepentingan yang sangat mendesak dan tetap belajar di rumah.

“Besar harapan saya agar kiranya seluruh orang tua dapat ikut mengawasi agar anak-anaknya menaati aturan ini. Sebab, program belajar dari rumah ini dilakukan de.i keselamatan kita bersama dan upaya kita melindungi anak-anak kita yang merupakan generasi bangsa, sekaligus penerus estafet pembangunan,” harapnya.(lamru)

Continue Reading

Sumut

Satu PDP Virus Corona di RSUD Deli Serdang Sembuh

Published

on

RSUD Deli Serdang

Geosiar.com, Deli Serdang – Seorang Pasien Dalam Pengawasan atau PDP asal Jawa Barat dinyatakan negatif Covid-19 atau virus Corona di RSUD Deli Serdang. Pasien kini telah pulih dan sudah dipulangkan ke rumah saudaranya di Jalan Galang, Deli Serdang, Sumatera Utara.

“Sudah ada PDP yang sembuh, yang Galang itu, sudah sembuh dengan hasil laboratorium negatif Covid-19,” ungkap Kepala Dinkes Deli Serdang, dr Ade Budi Krista melalui WhatsApp seperti dikutip dari Hariansib.com, Sabtu (28/3/2020).

Kepala UGD RSUD Deli Serdang, dr Linda membenarkan seorang PDP telah sembuh.

“Sudah sembuh dan sudah diantarkan tim kita ke rumah keluarganya. Hasil swab dari laboratorium Kemenkes, Jakarta sudah keluar dah hasilnya negatif Covid-19,” jelas dia.

Dirinya mengatakan pasien itu warga Jabar yang datang berkunjung ke rumah saudaranya ke Jalan Galang. Pasien masuk tanggal 19 Maret 2020 dan sembuh 25 Maret 2020.

“Berarti 7 hari kita rawat dan hasil lab memang seminggu keluarnya,” tutur dokter.

Hingga kini, katanya, pihak RSUD Deli Serdang tinggal merawat satu pasien PDP.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com