Connect with us

Nasional

Kartu Pra Kerja Resmi Diluncurkan

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Jakarta – Pemerintah resmi meluncurkan program Kartu Pra Kerja yang implementasi awalnya di empat provinsi, diantaranya Bali, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, dan Surabaya. Namun peluncuran yang dilakukan hanya untuk sosialisasi kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Kebijakan yang dikhususkan untuk para pengangguran itu diterapkan lebih cepat dari target. Hal itu menyusul meluasnya wabah virus corona yang berdampak pada ekonomi.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, kartu pra kerja adalah salah satu janji kampanye Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Dirinya berharap agar program ini menjadi sarana bagi para pencari kerja untuk menambah dan memperkuat keterampilan mereka.

“Kartu prakerja untuk pertama kali pemerintah menggandeng startup dan unicorn agar kita bisa melakukan akses ke masyarakat Indonesia secara luas,” tutur Airlangga pada Jumat (20/3/2020).

Dirinya mengatakan, para calon peserta program Kartu Pra Kerja baru bisa mendaftar pada dua minggu ke depan atau setelah sosialisasi selesai. Registrasi untuk Kartu Pra Kerja baru akan dibuka pada awal April 2020.

“Peluncuran Kartu Pra Kerja ini sesuai arahan Bapak Presiden, Bapak Presiden minta diluncurkan pagi ini jam 9,” kata Airlangga di kantornya, Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Mantan menteri perindustrian itu menjelaskan, pemerintah bakal memberikan bantuan biaya pelatihan. Program ini, tuturnya, juga diprioritaskan untuk pencari kerja usia muda yang produktif.

“Tujuh juta penduduk Indonesia yang belum kerja, 3,7 juta usianya rentang 18-24 tahun. 90 persen dari mereka belum pernah ikut pelatihan tersertifikasi. Dengan bantuan pemerintah, tenaga kerja ini diharapkan dapat berdaya saing dan produktif,” tandas dia.

Nasional

Bambang Eka, Ketua Dewan Penasehat DPD ISKA Sumut Tutup Usia

Published

on

Foto kenangan bersama almarhum Bambang Eka (batik cokelat) saat peresmian Kantor DPD ISKA Sumut.

Geosiar.com. Jakarta – Ketua Dewan Penasehat DPD Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Sumut Bambang Eka Cahyana meninggal dunia. Almarhum yang juga merupakan Direktur Utama PT Pupuk Kujang ini wafat di usia 52 tahun.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga membenarkan kabar tutup usianya Bambang lantaran sakit.

“Benar, sakit jantung. Asam lambung naik,” ujar Arya pada Jumat (3/4/2020).

Sementara itu, Ketua DPD ISKA Sumut Drs Hendrik Halomoan Sitompul MM mengaku sangat kaget saat mendengar berita meninggalnya Bambang Eka.

Saat diwawancarai Geosiar.com, Hendrik mengungkapkan belasungkawa atas meninggalnya Bambang Eka.

“Saya turut berdukacita atas meninggalnya bapak Bambang yang merupakan Ketua Dewan Penasehat DPD ISKA Sumut. Semoga amal ibadah aJolmarhum diterima disisi-Nya,” ungkap Hendrik.

“Kepada keluarga yang ditinggalkan semoga tetap tabah dan sabar,” lanjutnya.

Menurut Hendrik, almarhum semasa hidupnya selalu konsisten mendukung setiap program kerja DPD ISKA Sumut. Oleh sebab itu, ia mengaku bahwa DPD ISKA Sumut sangat berduka atas kepergian Bambang Eka.

Sekretaris ISKA Sumut, Delphius Ginting juga merasa kehilangan atas tutup usianya Bambang Eka. Menurutnya, almarhum merupakan figur yang cekatan, tangguh dan konsisten dalam prinsip bernegara dan menggereja.

“DPD ISKA sungguh kehilangan figur yang menginspirasi. Beristirahatlah dalam keabadian pak Bambang Eka,” tandas Delphius.

Continue Reading

Nasional

Melonjak Tinggi, Harga Emas Antam Rp944.000/gram

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Jakarta – Harga emas PT Antam dilihat dari laman Logam Mulia di Jakarta, Jumat (3/4/2020) tercatat melonjak tinggi sebesar Rp26.000 per gram bertahan di angka Rp944.000 per gram dari sebelumnya Rp918.000/gram.

Sementara untuk harga jual emas Antam ikut menanjak drastis sebesar Rp23.000 per gram, sehingga tercatat harga jual emas Antam yakni Rp845.000 per gram.

Transaksi harga jual lantaran potongan pajak, sesuai dengan PMK No 34/PMK.10/2017. Penjualan kembali emas batangan ke PT Antam Tbk dengan nominal lebih dari Rp10 juta, dikenakan PPh 22 sebesar 1,5 persen (untuk pemegang NPWP dan 3 persen untuk non-NPWP). PPh 22 atas transaksi buy back dipotong langsung dari total nilai buy back.

Berikut harga pecahan emas batangan tercatat di Logam Mulia Antam :

  • Harga emas 0,5 gram : Rp496.500
  • Harga emas 1 gram : Rp944.000
  • Harga emas 2 gram : Rp1.837.000
  • Harga emas 3 gram : Rp2.734.000
  • Harga emas 5 gram : Rp4.540.000
  • Harga emas 10 gram : Rp9.015.000
  • Harga emas 25 gram : Rp22.430.000
  • Harga emas 50 gram : Rp44.785.000
  • Harga emas 100 gram : Rp89.500.000
  • Harga emas 250 gram : Rp223.500.000
  • Harga emas 500 gram : Rp446.800.000
  • Harga emas 1.000 gram : Rp893.600.000

Potongan pajak harga beli emas sesuai dengan PMK Nomor 34/PMK.10/2017, pembelian emas batangan dikenakan PPh 22 sebesar 0,45 persen (untuk pemegang NPWP dan 0,9 persen untuk non-NPWP). Setiap pembelian emas batangan disertai dengan bukti potong PPh 22.

Continue Reading

Dunia

Via Telepon, Presiden Cina Tawarkan Bantuan Hadapi Virus Corona untuk Indonesia

Published

on

Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden Cina Xi Jinping

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Cina Xi Jinping mengaku siap membantu Indonesia dalam mengatasi wabah penyebaran virus Corona.

Dalam percakapan melalui telepon dari Beijing dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Kamis (2/4/2020), Xi mengaku prihatin atas penyebaran virus yang makin meluas ke berbagai negara dan kawasan termasuk Indonesia.

“Atas nama pemerintah dan rakyat Cina, menyampaikan rasa simpati kepada masyarakat Indonesia,” tutur otoritas Cina seperti dikutip dari Antara pada Jumat (3/4/2020).

Xi kemudian menawarkan bantuan kepada Pemerintah Indonesia. Xi juga yakin Presiden Jokowi mampu mengatasi pandemi Corona di Indonesia

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Komunis Cina itu mengatakan Indonesia dan Cina sudah saling membantu dalam mengatasi pandemi virus. Presiden Xi juga menekankan pentingnya sinergi yang kokoh sehingga masyarakat internasional mampu melawan Corona.

Sementara itu, Jokowi mengatakan bahwa di bawah kepemimpinan Xi, masyarakat Cina telah melewati pencapaian penting dalam memerangi virus Corona sehingga dunia dapat belajar dari mereka.

Tak lupa Jokowi menyampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan Cina kepada Indonesia dalam mengatasi wabah tersebut. Bantuan Cina, ujar Jokowi, sangat penting bagi Indonesia.

Jokowi menyatakan, virus tidak mengenal batas negara dan sudah menjadi musuh bersama umat manusia. Sehingga, katanya, Indonesia siap bekerja sama dengan Cina guna memperkuat solidaritas dan kerja sama internasional. Indonesia telah menerima bantuan alat kesehatan dari Cina yang diangkut tiga pesawat berbeda dari Shanghai menuju Jakarta.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com