Connect with us

Sumut

Paripurna DPRD Sergai, Penyampaian Nota Pengantar LKPJ TA 2019

Published

on

Rapat paripurna DPRD Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) penyampaian Nota Pengantar LKPJ TA 2019 yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sei Rampah, Selasa (17/03/2020)

Geosiar.com, Sergai – Rapat paripurna DPRD Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengagendakan penyampaian Nota Pengantar LKPJ TA 2019 yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sei Rampah, Selasa (17/03/2020).

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Sergai dr. M. Riski Ramadhan, SH, SE. Turut hadir Bupati Sergai Ir H Soekirman, Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya, Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP, Wakil Ketua dan Anggota  DPRD, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan undangan lainnya.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan, jika dokumen LKPJ tahun 2019 disusun berdasarkan Perubahan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (P-RKPD) tahun 2019 yang merupakan penjabaran tahunan dari Rencana Pembangunan Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021.

“Dokumen LKPJ ini memuat catatan kinerja Pemerintah Daerah secara utuh atas penyelenggaraan kebijakan pembangunan daerah dalam pencapaian visi dan misi Kabupaten Sergai dan implementasi pencapaian agenda pembangunan yang tertuang dalam RPJMD tahun keempat tersebut,” kata dia.

Capaian ini, kata Bupati, merupakan hasil kerja sama para stakeholders, mulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan sampai evaluasi dan pelaporan atas suatu program atau kegiatan pembangunan.

Bupati menyebutkan, terdapat 5 misi  pembangunan sebagai strategi dan arah kebijakan Kabupaten Sergai tahun 2016-2021 yang disusun untuk mewujudkan Sergai sebagai Kabupaten yang unggul, inovatif dan berkelanjutan yaitu yang pertama meningkatkan SDM baik masyarakat dan ASN melalui penanaman nilai agama, peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, daya saing dan cinta terhadap daerah. Kedua, meningkatkan investasi dan daya saing daerah melalui pemberdayaan sumber daya lokal dan penciptaan energi terbarukan.

Selanjutnya, mewujudkan masyarakat yang berjiwa wirausaha dalam meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat dan mengembangkan berbagai produk unggulan daerah yang berorientasi pasar. Lalu memantapkan sarana dan prasarana dalam mendukung sektor potensial menjadi sektor unggulan daerah yang memiliki daya saing. Terakhir mendorong pemberdayaan, kemandirian dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah yang berkelanjutan,jelas Bupati.

Mengenai capaian target indikator makro ekonomi Kabupaten Sergai tahun 2019, Bupati mengatakan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kabupaten Sergai pada tahun 2018 sebesar 5.17%. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas Dasar Harga Berlaku (ADHB) sebesar Rp25.994.818.880.000 dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas Dasar Harga Konstan (ADHK) sebesar Rp18.421.380.280.000.

Maka indikator kinerja pembangunan ekonomi mengalami peningkatan dari angka capaian tahun 2017, dimana sektor pertanian, kehutanan, perikanan, industri pengolahan, perdagangan dan konstruksi masih menjadi penyumbang terbesar baik pada PDRB ADHB maupun ADHK.

Selanjutnya, Bupati menuturkan bahwa peningkatan juga terjadi pada capaian indikator makro sosial yang dibuktikan dengan jumlah penduduk miskin pada tahun 2018 sebesar 50.490 dari jumlah total penduduk sebesar 659.889 jiwa atau sebesar 8.22 %. Pada Tingkat Penggangguran Terbuka (TPT) angkanya ada di 5.1 % dan tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) mencapai 68.28 %.

Sementara itu, Bidang kesehatan juga mengalami perbaikan kinerja dengan penurunan angka kematian bayi, balita dan ibu melahirkan. Pendidikan pun jadi sektor yang menunjukkan tren peningkatan terutama angka partisipasi kasar, angka partisipasi murni dan penurunan angka putus sekolah.

Sedangkan pada indikator infrastruktur dasar, capaian akses sanitas layak meningkat dari sebelumnya 76.04 % menjadi 77.36 %. Begitu pula dengan akses air minum layak meningkat dari 63.77% di tahun 2018, di tahun 2019 mencapai angka 70.21 %. Untuk Indeks Pembangunan Manusia, Sergai ada di angka 69.69 % dan dengan harapan hidup 68.46 tahun.

“Pada sektor realisasi pendapat daerah yang berasal dari PAD, Dana Perimbangan dan dana lain-lain pendapatan daerah yang sah pada tahun 2019 mencapai 97.52 %. Sedangkan untuk target dan realisasi belanja daerah sebesar 93.44 % dengan rincian persentase realisasi belanja tidak langsung sebesar 94.60 % dan belanja langsung yang ada di angka 91.92 %,” sebut Bupati mengakhiri.

Wabup Sergai H. Darma Wijaya mengatakan Pemkab Sergai berharap dengan telah disampaikannya LKPJ, Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Sergai nantinya dapat melakukan pembahasan secara sinergis melalui mekanisme yang ada, sehingga LKPJ ini dapat diterima, dipertanggungjawabkan dan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah.

“Pada kesempatan ini juga kami dari Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi kinerja dari Pansus I dan Pansus II terkait dengan pembentukan peraturan DPRD tentang tata tertib, kode etik dan peraturan DPRD tentang tata beracara Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Sergai,” ucap Wabup.

Dengan itu diharapkan dapat menjadi acuan bagi Ketua, Wakil Ketua, Aggota dan Alat Kelengkapan DPRD Kabupaten Sergai dalam menjalankan tugas, fungsi dan wewenangnya,” tambah Wabup. (art)

Sumut

Dampak Corona, ‘Tebing Tinggi’ Memanggil Disambut Masyarakat

Published

on

Tebing Tinggi Memanggil disambut masyarakat

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Dampak dari penyebaran virus Covid-19, umat di seluruh dunia mulai kalang kabut dan mempersiapkan diri untuk mendapatkan imunisasi lengkap.

Begitu pula dengan masyarakat kelompok Tebing Tinggi Memanggil. Wadah yang diprakarsai Ketua Aliansi Masyarakat Tebing Tinggi dan Ketua Tako ini ternyata disambut warga dengan menyalurkan bantuan.

Hari ini, wadah Tebing Tinggi Memanggil menurut Dian Adhi Pradana Isa, Jumat (3/4/2020) warga kian ramai menyalurkan bantuan beras.

“Pagi ini pihak Komisi Pemilihan Umum menyumbangkan beras. Kemarin ada Wakil Ketua DPRD, Azwar turut menyumbang beras, toko penggiling beras dan lainnya,” ungkap Dian.

Menurut Dian, bantuan ini akan diserahkan ke masyarakat yang kurang mampu dan terdampak virus corona.

“Kita berusaha mengurangi beban yang kian menyilimuti masyarakat dan berharap kita semua sehat dan mari jaga kesehatan bersama dengan cuci tangan,” katanya.

Perlu diketahui, Aliansi dan Tako Tebing Tinggi sudah menyemprot rumah ibadah dan menyediakan lokasi cuci tangan dirumah ibadah dan tempat umum.

Continue Reading

Sumut

Cegah Penyebaran Corona, Polsek Padang Hulu Wajibkan Tamu Cuci Tangan

Published

on

Polsek Padang Hulu Polres Tebing Tinggi menyediakan tempat mencuci tangan dan hand sinitizer di fasilitas pelayanan publik

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Polsek Padang Hulu Polres Tebing Tinggi menyediakan tempat mencuci tangan dan hand sinitizer di fasilitas pelayanan publik. Hal itu sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Tempat mencuci tangan sekaligus cairan hand sanitizer dipasang di titik depan pintu masuk, Jalan Gatot Subroto.

Menurut Kapolsek Padang Hulu, Iptu Beringin pada Jumat (3/4/2020) di ruang kerjanya mengatakan, tempat mencuci tangan dan cairan hand sinitizer dipasang di pintu masuk guna mencegah penyebaran virus Covid-19 dan menjaga keamanan bersama.

“Mencegah penyebaran virus Covid-19 dan menjaga keamanan bersama,” ucapnya.

Continue Reading

Sumut

Akhyar Nasution Apresiasi MITSU Berikan Alkes ke 20 Rumah Sakit di Sumut

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengapresiasi warga Tionghoa yang tergabung dalam Perhimpunan Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumut (MITSU). Apresiasi karena mereka telah peduli terhadap penangan wabah virus Corona khususnya yang ada di Kota Medan.

Apresiasi tersebut disampaikan Akhyar saat menghadiri Pemberian Alat Kesehatan (Alkes) kepada 20 Rumah Sakit di Sumatera Utara di halaman MITSU Jalan Komodor Yos Sudarso Medan. Pemberian Alkes tersebut diserahkan oleh Ketua Harian Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumatera Utara (MITSU) Juswan Tjoe kepada perwakilan masing-masing rumah sakit, Kamis (2/4/2020).

“Kita tahu alat pelindung diri (APD) sangat dibutuhkan oleh tim medis dalam menangani pasien di rumah sakit. Terlebih kini APD menjadi barang langka di pasaran. Untuk itu saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan MITSU, kepedulian terhadap tenaga medis selaku garda terdepan harus pula kita perhatikan bersama,” ungkap Akhyar didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr. Edwin Effendi, M.Sc.

Akhyar juga mengungkapkan bahwa dengan niat tulus yang diberikan saat ini sangat berarti untuk semua para anggota medis, sehingga menambah kepercayaan para anggota medis di seluruh Sumatera Utara khususnya Kota Medan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

“Atas nama Pemko Medan, saya mengucapkan terima kasih atas upaya kerja keras yang diberikan, ibaratnya walaupun cuman setetes air yang diberikan tetapi hal tersebut akan sangat berharga bagi yang membutuhkannya di tengah suasana yang seperti ini,” kata Akhyar.

Selanjutnya, Akhyar menjelaskan bahwa Wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) tidak mengenal siapa yang akan diserangnya, semua orang memiliki potensi terserangnya virus corona tersebut. “Maka, kita jaga kesehatan dan kebersihan diri kita masing-masing dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun serta berada di rumah jika tidak memiliki kepentingan, dengan begitu kita tidak dapat tertular dari virus corona,” jelas Akhyar.

Sementara itu Ketua Harian Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumatera Utara (MITSU) Juswan Tjoe mengatakan hal ini merupakan keempat kalinya Perhimpunan Mitsu memberikan bantuan untuk para anggota medis yang berada di rumah sakit. Juswan menyatakan perhimpunan Mitsu ingin turut membantu bangsa yang saat ini berada dalam kesulitan dengan minimnya ketersediaan Alkes.

“Hari ini kami serahkan bantuan secara simbolis ke 20 rumah sakit yang ada di Sumatera Utara berupa Alkes dan APD yang saat ini sangat diperlukan oleh rumah sakit. Bukan hanya memberikan bantuan ke rumah sakit saja, tetapi kami juga akan mencari jalan keluar bersama unsur terkait untuk membantu masyarakat yang kesulitan,” ungkapnya.

Adapun Alkes yang diberikan berupa Masker Disposable/Sensi sebanyak 20 kotak, Masker N95 sebanyak 1 kotak, Handschoen Dispoable 3 kotak, Handschoen Panjang 1 kotak, Handscrub Cairan Disinfektan sebanyak 2 botol dan Sabun sebanyak 1 karton.

Alkes tersebut diberikan kepada 20 rumah sakit yang ada di Sumatera Utara yakni, RS Bhayangkara Tebing Tinggi, RS Kumpulan Pane Tebing Tinggi, RS Pamela Tebing Tinggi, RS Chevani Tebing Tinggi, RSU Deli Serdang, RS Rantau Parapat, RS Bandung Medan, RSU Bunda Thamrin, RS Royal Prima, RS Sembiring, RS Islam Malahayati Medan, RSUP Adam Malik Medan, RS Imelda Medan, RS Sari Mutiara Medan, RS Columbia Asia Medan, RS Murni Teguh Medan, RS Bina Kasih Medan, RS Siloam Medan, RS St Elisabeth Medan dan RS Martha Friska Medan. (rel/lamru)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com