Connect with us

Nasional

Diimbau Ditunda karena Corona, Penahbisan Uskup Ruteng Tetap Digelar

Published

on

Misa pentahbisan Mgr Siprianus Hormat sebagai Uskup Ruteng digelar di Gereja Katedral Ruteng, Manggarai, NTT, Kamis (19/3/2020) (Kompas.com)

Geosiar.com, Jakarta – Acara menahbisan Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat, Pr digelar di Gereja Katedral Maria Asumpta Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur pada Kamis (19/3/2020). Perhelatan tersebut dilangsungkan ditengah-tengah mewabahnya virus corona atau COVID-19 di Indonesia.

Sebelumnya, Kepala Gugus Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo sudah mengirim surat kepada Kardinal Mgr Ignasius Suharyo. Ia meminta agar perhelatan yang diperkirakan dihadiri oleh 7000 orang itu dibatalkan lantaran berpotensi menyebarkan virus Corona.

Dalam surat tersebut, Doni menyebut penyebab COVID -19 bukan dari orang yang sedang dirawat di rumah sakit saja, tapi juga dari orang sehat yang telah menjadi carrier ((orang pembawa virus corona).

“Sudilah menunda acara pelantikan Uskup Ruteng demi alasan kemanusiaan,” tulis Doni dalam surat yang ditembuskan kepada Bupati Manggarai dan Uskup Ruteng ini.

Sementara salah satu tokoh Katolik Indonesia, Hermawi Fransiskus Taslim mengaku kecewa atas tetap berlangsungnya Misa Tahbisan Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat ini. Menurut nya, panitia seharusnya bersama hirarkhi setempat peduli atas perkembangan virus corona yang kini semakin massif.

“Sepatutnya seluruh rakyat Indonesia termasuk umat Katolik, taat dan hormat kepada amanat Presiden yang telah berulang-ulang meminta agar seluruh kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa, ditunda dulu pelaksanaannya,” ungkap Taslim.

“Saya sedih, kok acara dengan massa yang begitu banyak, masih dilangsungkan di tempat publik,” tambah Ketua Umum Forum Komunikasi Alumni (FORKOMA) PMKRI ini.

Taslim mengingatkan amanat Uskup Agung pribumi pertama Indonesia Mgr Albertus Sugiyopranoto, SJ, tentang sikap “Seratus Persen Katolik – Seratus Persen Indonesia”.

Ia mengatakan, seharusnya sikap itu tercermin dari perilaku yang taat dan patuh kepada amanat Presiden yang sah. “Sedih dan kecewa sekali ketika Misa Tahbisan Uskup Ruteng tetap dilaksanakan,” tandas Taslim.

Uskup Baru Ruteng, Mgr Siprianus Hormat, ditunjuk oleh Paus Fransiskus sebagai uskup baru untuk Keuskupan Ruteng. Ia menggantikan Mgr Hubertus Leteng Pr yang mengundurkan diri dua tahun lalu Siprianus Hormat akan ditahbiskan oleh Kardinal Ignatius Suharyo di Keuskupan Ruteng.