Connect with us

Sumut

Pemkab Sergai Gelar Rapat Pencegahan Penanganan Virus Corona

Published

on

Pemkab Sergai gelar rapat terkait pencegahan penanganan virus corona atau COVID-19 di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (16/03/2020).

Geosiar.com, Sergai – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mesti dapat memilah dan memilih tindakan yang tepat dalam menanggapi banyaknya surat yang beredar dari beberapa kementerian pasca pandemi Corona yang sudah “mampir” di Indonesia.

Turut hadir dalam acara ini Bupati Sergai Ir H Soekirman, Wakil Bupati H Darma Wijaya, Sekdakab HM Faisal Hasrimy, AP, M.AP, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan stakeholder terkait.

“Untuk menetapkan suatu daerah dalam areal bencana atau tidak, kita hendaknya berhati-hati sebab derajat kewaspadaan virus Corona ini tidak sama antara satu daerah dengan daerah lainnya. Banyak implikasi yang akan terjadi, bukan hanya dengan meliburkan sekolah selama 14 hari atau membuat aturan tentang ASN bekerja dari rumah,” kata Bupati Sergai Ir. H. Soekirman  saat rapat terkait pencegahan penanganan virus corona atau COVID-19 di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (16/03/2020).

Selanjutnya dikatakan Bupati, setiap keputusan yang diambil  harus dijelaskan dengan detail latar belakangnya. Jika akhirnya diambil keputusan untuk sementara meliburkan sekolah atau mengalihkan lokasi kerja bagi ASN maka harus jelas untuk apa hal tersebut dilakukan.

“Misalnya ketika diambil keputusan untuk meliburkan sekolah, siswa dan guru harus paham kenapa harus diliburkan selama kurun waktu tertentu, agar nantinya siswa tetap berada di rumah bukan malah bertamasya, hal yang justru akan dapat meningkatkan peluang siswa terjangkit virus,” kata dia.

Menurutnya, Sergai belum masuk dalam status darurat Corona. Selain itu Pemkab juga sudah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dengan melibatkan semua unsur yang bertugas.

“Gugus ini nantinya akan melakukan imbauan dan pemantuan di masyarakat. Kita semua harus saling memantau kondisi dan potensi penyebaran virus Corona, serta melakukan sosialisasi serta penyuluhan agar masyarakat melaksanakan imbauan dimaksud. Khusus kepada Dinas Kominfo agar proaktif menangkal berita hoaks terkait penyebaran virus Corona baik melalui media cetak, siber maupun radio untuk menjaga kekondusifan daerah kita,” jelasnya.

Sementara Wabup H Darma Wijaya mengatakan, walaupun di Sergai belum ditemukan kasus corona, namun dia mengimbau  agar tetap menjaga pola hidup sehat dan memahami betul pencegahan yang dapat dilakukan oleh masyarakat. “Sebagai umat beragama kita juga harus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar persoalan virus Corona ini bisa segera berakhir.”

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP meminta segenap unsur OPD terkait agar terus memantau perkembangan dan efek dari pandemi virus COVID-19. “Sesuai laporan Dinas Kesehatan sampai dengan hari ini belum ada masyarakat Sergai terpapar Corona.”

Selain itu, sudah dilakukan tindakan cepat dalam hal pencegahan antara lain sterilisasi dan desinfektasi di ruangan-ruangan perkantoran di lingkungan Pemkab Sergai serta dalam waktu dekat juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk melakukan desinfektasi ke sekolah-sekolah guna melindungi siswa dari penyebaran virus tersebut. Sementara itu dari Dinas Pendidikan, terkait imbauan meliburkan sekolah dianggap masih belum perlu untuk dilaksanakan karena situasi di Sergai masih terkendali.

Sebelumnya Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Hj. Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si menyampaikan pihaknya sudah mengambil langkah strategis percepatan penanganan COVID-19 di Kabupaten Sergai.

“Dengan dibentuknya tim gugus tugas, kita harapkan dapat dilakukan pemantauan dan pelaporan langkah-langkah yang telah diambil dan akan diambil, termasuk perlu tidaknya kegiatan belajar-mengajar di sekolah diliburkan sementara seperti yang sudah dilakukan di beberapa daerah lain.” (art)

Sumut

Update Virus Corona di Sumut, 14 Positif

Published

on

Ilustrasi Tim Medis

Geosiar.com, Medan – Jumlah kasus positif Corona atau COVID-19 di Sumatera Utara (Sumut) kini bertambah. Gugus Tugas COVID-19 Sumut melaporkan ada 14 kasus positif Corona.

Hal itu disampaikan jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumut Mayor Kes Whiko Irwan dalam live streaming yang ditayangkan dalam akun YouTube Humas Sumut. Ia menyatakan jumlah itu per 28 Maret 2020 pukul 17.00 WIB.

Selain itu, dia mengatakan ada 77 orang pasien dalam pengawasan (PDP). Ada juga 4.064 orang dalam pemantauan (ODP) Corona.

“Orang positif COVID-19 mengalami peningkatan 35,7 persen,” kata dia.

Akan tetapi Whiko tak menjelaskan identitas para pasien positif Corona itu. Dia juga tak menyebut di mana para pasien positif Corona itu dirawat.

Continue Reading

Sumut

Pemko Medan Perpanjang Libur Sekolah Hingga 29 Mei 2020

Published

on

Medan, Geosiar.com – Dalam rangka mengantisipasi dan upaya preventif menyikapi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), serta menjaga sekaligus melindungi masyarakat Kota Medan dari virus berbahaya tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi kembali mengeluarkan Surat Edaran No.443/2762 tanggal 27 Maret 2020 tentang Antisipasi Penyebaran Lebih Luas Covid 19 di Kota Medan.

Dalam surat edaran tersebut, Akhyar Nasution memperpanjang kembali program belajar dari rumah bagi para pelajar SD dan SMP yang berada di wilayah Kota Medan. Perpanjangan itu dilakukan guna mengantisipasi agar penyebaran virus Covid 19 tidak semakin meluas dan masif di Kota Medan.

Di surat edaran itu, Akhyar menginstrukan kepada seluruh satuan Pendidikan yang ada di wilayah Kota Medan untuk tetap melakukan pembelajaran dengan sistem during/online dengan menggunakan Whatsapp/Group rumah belajar, ruang guru atau jenis pembelajaran online lainnya sampai 29 Mei 2020.

“Saya berharap agar perpanjangan masa belajar dari rumah ini dapat digunakan sebaik-baiknya oleh para siswa. Saya minta kepada guru dan orang tua dapat mengawasinya dengan sebaik-baiknya agar berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 lebih meluas di Kota Medan yang kita cintai bersama,” kata Akhyar.

Kepada Satuan Pendidikan, Pendidik serta tenaga kependidikan, Akhyar selanjutnya meminta agar tetap melaksanakan tugas work from home sampai tanggal 29 Mei 2020. Akhyar juga berharap agar para guru dapat mengoptimalkan kegiatan pembelajaran daring/online dan melaporkan secara berkala kepada kepala sekolah dan pengawas.

Terakhir dalam surat edaran tersebut, Akhyar tak lupa berpesan kepada seluruh orang tua siswa untuk tetap senantiasa menjaga dan mengawasi anaknya di rumah agar tidak keluar rumah apabila tidak ada kepentingan yang sangat mendesak dan tetap belajar di rumah.

“Besar harapan saya agar kiranya seluruh orang tua dapat ikut mengawasi agar anak-anaknya menaati aturan ini. Sebab, program belajar dari rumah ini dilakukan de.i keselamatan kita bersama dan upaya kita melindungi anak-anak kita yang merupakan generasi bangsa, sekaligus penerus estafet pembangunan,” harapnya.(lamru)

Continue Reading

Sumut

Satu PDP Virus Corona di RSUD Deli Serdang Sembuh

Published

on

RSUD Deli Serdang

Geosiar.com, Deli Serdang – Seorang Pasien Dalam Pengawasan atau PDP asal Jawa Barat dinyatakan negatif Covid-19 atau virus Corona di RSUD Deli Serdang. Pasien kini telah pulih dan sudah dipulangkan ke rumah saudaranya di Jalan Galang, Deli Serdang, Sumatera Utara.

“Sudah ada PDP yang sembuh, yang Galang itu, sudah sembuh dengan hasil laboratorium negatif Covid-19,” ungkap Kepala Dinkes Deli Serdang, dr Ade Budi Krista melalui WhatsApp seperti dikutip dari Hariansib.com, Sabtu (28/3/2020).

Kepala UGD RSUD Deli Serdang, dr Linda membenarkan seorang PDP telah sembuh.

“Sudah sembuh dan sudah diantarkan tim kita ke rumah keluarganya. Hasil swab dari laboratorium Kemenkes, Jakarta sudah keluar dah hasilnya negatif Covid-19,” jelas dia.

Dirinya mengatakan pasien itu warga Jabar yang datang berkunjung ke rumah saudaranya ke Jalan Galang. Pasien masuk tanggal 19 Maret 2020 dan sembuh 25 Maret 2020.

“Berarti 7 hari kita rawat dan hasil lab memang seminggu keluarnya,” tutur dokter.

Hingga kini, katanya, pihak RSUD Deli Serdang tinggal merawat satu pasien PDP.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com