Connect with us

Sumut

Gubernur Edy Rahmayadi Liburkan Sekolah di Sumut

Published

on

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi

Geosiar.com, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi memerintahkan agar sekolah tingkat SMA/SMK, SLB dan sederajat baik negeri dan swasta di Sumut agar diliburkan demi mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19. Dirinya meminta para pelajar untuk tidak ke luar rumah selama libur.

Sebelumnya, mantan Pangkostrad ini tidak akan meliburkan sekolah dengan alasan kondisi Sumut yang masih aman dari virus corona. Alasannya lantaran ia khawatir jika diliburkan anak sekolah malah pergi jalan-jalan ke mall.

Gubsu mengimbau para pelajar agar belajar mandiri di rumah dengan metode belajar jarak jauh. Hal tersebut dikatakannya kepada awak media setelah rapat koordinasi pencegahan penularan virus corona, di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Medan, Selasa (17/03/2020).

Libur belajar mengajar di sekolah itu berdasarkan Surat Edaran Gubernur Sumut Nomor 440/2666/2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Resiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19) di Sumatera Utara tertanggal 17 Maret 2020.

Selama proses belajar mandiri, kepala sekolah wajib mengatur keterpenuhan hari dan jam kerja bagi guru, tenaga kependidikan dan pekerja sekolah.

Kemudian Gubsu menginstruksikan Ujian Nasional (UN) tetap berjalan. Dia mengatakan pelaksanaan UN dilakukan dengan penjagaan ketat.

Begitu pun, Gubsu meminta para orangtua siswa dan tenaga pendidik serta tenaga kependidikan agar mengawasi siswa untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan agar tidak bepergian jauh ke luar kota serta menghindari kontak fisik.

Selain itu, Gubsu juga menunda event Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) atau Sumut Fair guna mencegah penyebaran Corona. Dirinya juga meminta sejumlah lokasi wisata di Sumut untuk ditutup sementara.