Connect with us

Nasional

Puluhan Ton Kayu Ilegal Terpasang Polis Line Raib, Kanit Tipidter Polres Karo Diminta Bertanggung Jawab

Published

on

Dok : sebagian tumpukan kayu olahan ilegal yang disita oleh masyarakat bersama kepolisian dari polres tanah karo dan telah dipasangi garis polisi (21/1/2020) didesa kutarayat, kecamatan naman teran kabupaten karo - sumatra utara yang kini telah raib tidak diketahui dimana keberadaanya

Tanahkaro – Geosiar – Menindaklanjuti pemberitaan sebelumnya terkait masyarakat desa kutarayat kecamatan naman teran, kabupaten karo menangkap dua truk berisi puluhan Ton kayu olahan pada tanggal 21 january 2020 yang lalu, dan diduga kayu berasal dari kawasan hutan negara bukit barisan diseputaran desa kutarayat – dalanjahe batas karo langkat.

Amatan awak media langsung dilokasi penumpukan kayu tepat didepan kantor kepala desa kutarayat (21/1/2020) melihat tumpukan kayu olahan tersebut sedang dipasangi police line oleh petugas yang terlihat dipimpin oleh kepala unit (kanit) tindak pidana tertentu (Tipidter) polres karo iptu A Nainggolan.

Hari ini, senin (16 maret 2020) awak media kembali ke desa kutarayat untuk melihat kebenaran informasi yang didapat dari masyarakat setempat terkait Raibnya atau hilangnya ataupun tidak lagi ditemui tumpukan kayu yang sudah dipasangi garis polisi (police laine) dan sesampainya ditempat yang dimaksud awak media menemui kebenaran bahwa tumpukan kayu tersebut sudah tidak ada didesa kutarayat.

Selanjutnya awak media mencari informasi terkait hilangnya tumpukan kayu sitaan yang diduga berasal dari kegiatan ilegal logging tersebut, salah seorang warga yang meminta namanya dirahasiakan mengatakan tadi pagi sekira pukul 04.00 wib hingga pukul 05.00 wib ada mendengar dan melihat kayu kayu tersebut dipindahkan menggunakan mobil berjenis coltdesel, senin (16/3/2020).

Lanjutnya lagi, saya penduduk kutarayat ini tapi saya tidak mengenali orang yang melakukan pemindahan kayu kayu tersebut, kami pikir dan kami duga ya pihak kepolisian lah yang melakukanya untuk dijadikan barang bukti, karena itu kan sudah di police line bang, siapa yang berani mengambil barang yang sudah dipasang garis polisi, ucapnya.

Warga lainya saat dipertanyakan lagi terkait keberadaan tumpukan kayu tersebut, B surbakti mengatakan tidak tau kapan waktu diangkat kayu tersebut dan kemarin saya lihat masih ada, coba anda tanyalah pihak Polres Karo dan minta pertanggung jawaban kanit Tipidter kenapa kayu yang sudah dipolice line kepolisian bisa hilang, kami ini cuma masyarakat biasa, ujar surbakti (16/3/2020).

Nanti bila saya bicara seperti waktu lalu saya dikatakan oleh oknum sebagai provokator, saya ajak pihak kepolisian tanah karo bersama kapolsek simpang empat untuk melihat dan mengamankan tumpukan tumpukan kayu dilokasi penebangan yang kami duga mencapai ratusan Ton.

Namun sayang kanit tipidter saat itu tidak menggubris ajakan kami masyarakat kuta rayat dan dari situ saya pula yang dikatakan sebagai provokator dalam pengamanan kayu kayu olahan ilegal tersebut, ujarnya sembari senyum dengan ekspresi wajah yang terlihat kesal./eddy surbakti.

Advertisement

Nasional

Said Aqil Imbau Tarawih dan Salat Id di Rumah

Published

on

Ketua Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI), Said Aqil Siroj

Geosiar.com, Jakarta – Ketua Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI), Said Aqil Siroj, mengimbau masyarakat Islam agar tetap beribadah di rumah ketika Ramadan dan Idul Fitri.

“Mengimbau kepada umat Muslim untuk melaksanakan salat Jumat, salat tarawih, dan salat Idul Fitri 1941 Hijriah di rumah masing-masing,” ujar Said seperti dikutip dari video conference, Sabtu (4/4/2020).

Said juga mengimbau umat Islam untuk tidak melakukan takbir keliling saat malam Idul Fitri 1941 Hijriah. Alasannya untuk mencegah meluasnya penyebaran virus Corona.

Ketua Lembaga Persahabatan Ormas Keagamaan juga menyampaikan hal yang senada, ia meminta umat non muslim agar beribadah di rumah masing-masing.

“Agar dapat mengurangi penyebaran virus Corona.”

Selain meminta beribadah tarawih dan salat Id di rumah, Said mengimbau kepada masyarakat Indonesia agar tidak mudik ke kampung halamannya saat libur lebaran 2020. “LPOI dan LPOK mendukung rencana kebijakan pemerintah untuk memberikan intensif kepada masyarakat yang tidak mudik lebaran.”

Said menjelaskan menjaga diri dan keselamatan orang lain adalah perintah Allah SWT. Sebabnya ia mengajak masyarakat untuk tetap berdiam di rumah dan menjaga jarak dengan orang lain agar terhindar dari tertular atau menularkan virus Corona.

“Perintah Allah bukan hanya salat, menjaga keselamatan dan kesehatan bersama juga perintah tuhan. ‘La Dhirara Wa La Dhiraar’ tidak boleh mencelakakan diri sendiri dan orang lain,” tutur Ketua PBNU itu.

Continue Reading

Nasional

Bambang Eka Cahyana, Ketua Dewan Penasehat DPD ISKA Sumut Tutup Usia

Published

on

Foto kenangan bersama almarhum Bambang Eka (batik cokelat) saat peresmian Kantor DPD ISKA Sumut.

Geosiar.com. Jakarta – Ketua Dewan Penasehat DPD Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Sumut Bapak Bambang Eka Cahyana meninggal dunia. Almarhum yang juga merupakan Direktur Utama PT Pupuk Kujang ini wafat di usia 52 tahun.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga membenarkan kabar tutup usianya Bapak Bambang Eka Cahyana lantaran sakit.

“Benar, sakit jantung. Asam lambung naik,” ujar Arya pada Jumat (3/4/2020).

Sementara itu, Ketua DPD ISKA Sumut Drs Hendrik Halomoan Sitompul MM mengaku sangat kaget saat mendengar berita meninggalnya Bapak Bambang Eka Cahyana.

Saat diwawancarai Geosiar.com, Hendrik mengungkapkan belasungkawa atas meninggalnya Bapak Bambang Eka Cahyana.

“Saya turut berdukacita atas meninggalnya bapak Bambang Eka Cahyana yang merupakan Ketua Dewan Penasehat DPD ISKA Sumut. Semoga amal ibadah almarhum diterima disisi-Nya,” ungkap Hendrik.

“Kepada keluarga yang ditinggalkan semoga tetap tabah dan sabar,” lanjutnya.

Menurut Hendrik, almarhum semasa hidupnya selalu konsisten mendukung setiap program kerja DPD ISKA Sumut. Oleh sebab itu, ia mengaku bahwa DPD ISKA Sumut sangat berduka atas kepergian Bapak Bambang Eka Cahyana.

Sekretaris ISKA Sumut, Delphius Ginting juga merasa kehilangan atas tutup usianya Bapak Bambang Eka Cahyana. Menurutnya, almarhum merupakan figur yang cekatan, tangguh dan konsisten dalam prinsip bernegara dan menggereja.

“DPD ISKA sungguh kehilangan figur yang menginspirasi. Beristirahatlah dalam keabadian pak Bambang Eka Cahyana,” tandas Delphius.

Continue Reading

Nasional

Melonjak Tinggi, Harga Emas Antam Rp944.000/gram

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Jakarta – Harga emas PT Antam dilihat dari laman Logam Mulia di Jakarta, Jumat (3/4/2020) tercatat melonjak tinggi sebesar Rp26.000 per gram bertahan di angka Rp944.000 per gram dari sebelumnya Rp918.000/gram.

Sementara untuk harga jual emas Antam ikut menanjak drastis sebesar Rp23.000 per gram, sehingga tercatat harga jual emas Antam yakni Rp845.000 per gram.

Transaksi harga jual lantaran potongan pajak, sesuai dengan PMK No 34/PMK.10/2017. Penjualan kembali emas batangan ke PT Antam Tbk dengan nominal lebih dari Rp10 juta, dikenakan PPh 22 sebesar 1,5 persen (untuk pemegang NPWP dan 3 persen untuk non-NPWP). PPh 22 atas transaksi buy back dipotong langsung dari total nilai buy back.

Berikut harga pecahan emas batangan tercatat di Logam Mulia Antam :

  • Harga emas 0,5 gram : Rp496.500
  • Harga emas 1 gram : Rp944.000
  • Harga emas 2 gram : Rp1.837.000
  • Harga emas 3 gram : Rp2.734.000
  • Harga emas 5 gram : Rp4.540.000
  • Harga emas 10 gram : Rp9.015.000
  • Harga emas 25 gram : Rp22.430.000
  • Harga emas 50 gram : Rp44.785.000
  • Harga emas 100 gram : Rp89.500.000
  • Harga emas 250 gram : Rp223.500.000
  • Harga emas 500 gram : Rp446.800.000
  • Harga emas 1.000 gram : Rp893.600.000

Potongan pajak harga beli emas sesuai dengan PMK Nomor 34/PMK.10/2017, pembelian emas batangan dikenakan PPh 22 sebesar 0,45 persen (untuk pemegang NPWP dan 0,9 persen untuk non-NPWP). Setiap pembelian emas batangan disertai dengan bukti potong PPh 22.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com