Connect with us

Lifestyle

Kenali Tanda-anda Anda Terserang Virus Corona dari Hari ke Hari

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Ada baiknya untuk mengetahui gejala-gejala timbulnya virus corona dalam tubuh sebelum memeriksa diri. Virus ini biasanya ditandai dengan munculnya demam, sesak nafas, flu hingga pneumonia.

Menurut penelitian Pusat Pengendalian Penyakit di China, sekitar 80 persen kasus virus COVID-19 dianggap ringan, 15 persen kasus parah, dan 5 persen lainnya kritis. Hal  tersebut ditunjukkan melalui gejala yang timbul tiap harinya.

Dilansir dari Business Insider, berikut ini beberapa gejala virus corona yang berkembang dari hari ke hari.

Hari pertama

Di hari pertama setelah terinfeksi virus, pasien bakal mengalami demam, kelelahan, nyeri otot, dan batuk kering. Sebagian kecil mungkin ada yang mengalami mual dan diare, 1-2 hari sebelumnya.

Hari ke-5

Ketika hari ke-5, pasien akan merasakan kesulitan bernapas atau sesak napas. Ini akan terjadi, terutama pada pasien yang lebih tua atau yang kondisi kesehatannya sudah memburuk. Selain itu, yang memiliki penyakit lainnya.

Hari ke-8

Pada titik ini, pasien dengan kasus yang parah, akan mengalami gejala yang semakin parah. Gejala yang timbul, seperti gangguan pernapasan akut, pneumonia, dan adanya cairan di dalam paru-paru.

Hari ke-10

Di hari ke-10, kondisi semakin memburuk. Kemungkinan besar, pasien ini sudah di rawat di ICU atau ruang isolasi. Gejala pada pasien ini berupa sakit perut, kehilangan selera makan, demam dan flu terus berkembang.

Namun, dalam kasus virus ini tingkat kematiannya masih lebih rendah dibandingkan HIV dan DBD.

Hari ke-17

Pada hari ke-17 sebagian besar pasien mulai pulih dan sembuh. Mereka bisa dipulangkan setelah melakukan perawatan di rumah sakit selama 2 minggu lebih.

Akan tetapi,  dari gejala-gejala ini seorang ahli epidemiologi di University of Texas di Austin bernama Lauren Ancel Meyers mengatakan, ada pula pasien yang tidak menunjukkan gejala selama lima hari atau lebih.

Namun, begitu gejala muncul bisa berupa pneumonia yang akan memburuk dari waktu ke waktu. Hal ini disampaikan ahli radiologi di Thomas Jefferson University Paras Lakhani.

“Pneumonia biasanya tidak berkembang dengan cepat. Biasanya, sebagian besar tim medis rumah sakit akan mengobatinya dengan antibiotik dan pasien akan stabil hingga membaik,” tutur Lakhani.

Ketika  pneumonia tak juga membaik, Lakhani mengimbau agar perlu diwaspadai jika itu merupakan virus corona.

Lifestyle

Virus Corona Belum Reda, CGV Perpanjang Penutupan Bioskop

Published

on

Ilustrasi CGV

Geosiar.com, Jakarta – Pengelola CGV Cinema resmi mengumumkan perpanjangan waktu penutupan sementara jaringan bioskopnya di Indonesia. Penutupan itu hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Keputusan perpanjangan penutupan bioskop itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 dan menjalankan instruksi pemerintah pusat yang ditindaklanjuti dengan beragam Surat Edaran Kepala Daerah di daerah masing-masing.

“Perseroan berkomitmen untuk selalu menyediakan lingkungan bioskop yang aman, nyaman dan sehat untuk para staf dan pengunjung CGV. Keselamatan dan kesehatan mereka adalah prioritas utama di saat masa krisis ini berlangsung,” kata Direktur CGV, Dian Sunardi Munaf dalam siaran persnya, Selasa (7/4/2020).

CGV mengatakan, total ada 68 bioskop, dan 397 layar yang tersebar di 33 kota dan 15 provinsi di Indonesia yang ditutup sementara. Selama masa penutupan, pihak CGV mengaku melakukan langkah pencegahan dengan menyemprotkan disinfektan di auditorium dan ruangan lain.

Pengelola CGV melaporkan bakal terus memantau, serta mengikuti arahan dari pemerintah pusat dan daerah terkait rencana pembukaan kembali jaringan bioskopnya.

Continue Reading

Lifestyle

Punya Masalah Bau Mulut? Coba Cara Ini

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Halitosis atau dikenal dengan bau mulut umumnya muncul akibat bakteri yang menghasilkan sulfur pada permukaan lidah dan di dalam tenggorokan menjadi aktif.

Reaksi kimia itu menghasilkan volatile sulphur compounds (VSC) yang membuat mulut beraroma tidak sedap alias bau.

Bau mulut mudah dihirup oleh lawan bicara saat Anda tengah berbicara atau menghela napas. Walaupun halitosis tidak berbahaya namun menimbulkan ketidaknyamanan pada lawan bicara.

Namun Anda tidak perlu khawatir dan berkecil hati apabila Anda salah satu yang mengalami bau mulut. Selalu ada solusi agar tak bau mulut lagi buat Anda yang mengalaminya.

Sebuah penelitian dari Journal Of Natural Science, Biology And Medicine yang dikutip dari jpnn.com menyarankan pengelolaan kebersihan mulut dan menghindari faktor pemicu bau mulut.

Berikut ini cara mudah untuk mengusir bau mulut.

  1. menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang ber-fluoride
  2. hindari rokok atau produk tembakau lainnya
  3. berkumur dengan obat kumur non-alkohol
  4. minum cukup air untuk menghindari mulut kering
  5. kunjungi dokter gigi secara berkala, siapa tahu masalah bau mulut yang ditimbulkan akibat masalah gigi

Cobalah lakukan cara di atas, setelah mengetahui kondisi bau mulut yang Anda alami. Dengan demikian, Anda bisa percaya diri pada pertemuan dan berbicara dengan lawan bicara tanpa mengkhawatirkan aroma mulut tidak sedap.

Continue Reading

Lifestyle

PLN Beri Token Listrik Gratis dan Diskon Tarif 50%, Begini Caranya!

Published

on

Ilustrasi PLN

Geosiar.com, Jakarta – PT PLN (Persero) menyediakan mekanisme atau tata cara mendapatkan pembebasan biaya tarif listrik untuk konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA). Selain itu juga pemberian keringanan tagihan sebesar 50% kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA.

Para pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar tagihannya bakal dibebaskan langsung pada bulan April, Mei hingga Juni mendatang.

Sedangkan bagi para pelanggan pra bayar bisa memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke nomor WA 08122-123-123 atau bida juga melalui situs resmi PLN. Dengan ID tersebut, pelanggan dipastikan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Sementara diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan didiskon 50%.

Kemudian untuk pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Dikutip dari keterangan resmi PLN, Jakarta pada Kamis (2/4/2020), berikut ini mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi.

Mekanisme website dengan cara:

  1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
  2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
  3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Bisa juga mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara :

  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
  3. Token gratis akan muncul.
  4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Guna ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan memperoleh token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Hingga kini sudah ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem.

Proses ini dipastikan tuntas dalam sepekan ke depan, sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon bisa terlayani semuanya.

“Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut,” kata Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka.

Ia menyatakan bahwa, kebijakan pemberian keringanan tagihan listrik ini sebagai bentuk kehadiran negara dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan tidak mampu.

“Ini bukti PLN bersama Pemerintah siap hadir di setiap kondisi” tutup Made.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com