Connect with us

Dunia

Mengira Obat Virus Corona, 27 Warga Iran Tewas Keracunan Alkohol

Published

on

Seorang wanita Iran mengenakan masker pelindung saat dia berjalan di Teheran, Iran, 5 Maret 2020 (Reuters)

Geosiar.com, Jakarta- Ada sebanyak 27 warga Iran yang keracunan alkohol tewas lantaran mengira alkohol dapat dijadikan sebagai obat agar tidak tertular virus Corona.

Sebanyak 218 orang dirawat di rumah sakit Ilmu Kedokteran Universitas Ahwaza akibat meminum alkohol beracun. Mereka berasal dari provinsi Khuzestan dan Alboiz.

“Beberapa warga Ahwaz mendengar bahwa meminum alkohol dapat membantu mereka melawan virus Corona, mereka menggunakan itu sebagai langkah pencegahan,” titir Ali Ehsanpour, juru bicara Ilmu Kedokteran Rumah Sakit Ahwaz, dilaporkan Mehr News Agency .

Ehsanpour menyatakan, beberapa warga yang dirawat dalam kondisi kritis bahkan satu korban mengalami kebutaan.

Virus Corona yang mewabah di Iran membuat rumor dan pengobatan tak ilmiah untuk melawan virus bertebaran di media sosial. Dan salah satunya adalah meminum alkohol.

Berhubung minuman alkohol dilarang di Iran, orang-orang membeli alkohol untuk sanitasi di pasar dan mengkonsumsinya

Hingga Senin lalu, juru bicara Kementerian Kesehatan Iran melaporkan sebanyak 7.161 orang tertular virus Corona dan 237 orang tewas. Sementara sebanyak 2.394 mengalami kesembuhan.

ABC News mengatakan, Iran menghadapi sejumlah masalah berat untuk mengendalikan penyebaran virus Corona termasuk mengatasi kekurangan alat sanitasi dan pencegahan terutama untuk paramedis. Iran terkena sanksi internasional dan salah urus telah melumpuhkan sistem kesehatan negara itu.

Dunia

Rihanna Terus Salurkan Sumbangan untuk Tenaga Medis Virus Corona

Published

on

Rihanna

Geosiar.com, Seleb – Penyanyi Rihanna masih terus menyalurkan sumbangan untuk melawan virus Corona atau Covid-19. Kali ini, dia mendonasikan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis.

Dikutip dari CBS News pada Sabtu (28/3/2020), tenaga medis di sejumlah rumah sakit di New York juga kekurangan APD. Mereka kewalahan menangani pasien yang terus berdatangan. Seperti diketahui, jumlah kasus virus Corona di Amerika Serikat juga yang tertinggi di dunia.

Melalui organisasi nonprotifnya, yakni Clara Lionel Foundation, Rihanna memberikan sumbangan ke beberapa rumah sakit di New York. Hal tersebut disampaikan Gubernur New York, Andrew Cuomo.

“Aku ingin berterimakasih kepada Rihanna dan Rihanna Foundation atas donasi alat pelindung diri untuk New York,” kata Cuomo di Twitter.

Sebelumnya, Rihanna juga sempat menyumbangkan 5 juta Dollar melalui beragam organisasi. Donasinya itu ditujukan untuk bank makanan di AS, mempercepat tes Corona, hingga untuk negara-negara seperti Haiti dan Malawi.

Tak hanya Rihanna, banyak juga artis Hollywood yang memberikan sumbangan dalam jumlah besar terkait Corona. Misalnya Angelina Jolie, ia mendonasikan senilai Rp 16 miliar untuk anak-anak yang terdampak virus berpotensi mematikan ini.

Continue Reading

Dunia

Pasien Corona yang Sembuh di Cina Kembali Terinfeksi

Published

on

Ilustrasi Pasien Corona dan Tim Medis

Geosiar.com, Cina – Tim medis di Cina melaporkan ada sebanyak 14 persen pasien virus corona yang sudah sembuh kembali terinfeksi dan dinyatakan positif COVID-19 untuk yang kedua kalinya.

Hal tersebut menimbulkan kekhawatiran adanya second wave lantaran Cina sedang mengalami tingginya kasus imported case virus corona dan pasien tidak bergejala.

Kejadian serupa juga terjadi di Wuhan, episentrum virus corona di China. Sekitar 5-10 persen pasien di Wuhan kembali terinfeksi usai dinyatakan pulih.

Dokter di salah satu rumah sakit di Wuhan menemukan lima dari 147 pasien yang sembuh, kembali positif usai pemulihan. Pada studi yang dijalankan petugas medis di Wuhan, pasien pulih yang kembali dinyatakan positif kebanyakan tidak menunjukkan gejala.

Kini para ahli medis sudah mengajukan sejumlah cara untuk mendeteksi jejak virus pada pasien pulih, salah satunya menggunakan tes asam nukleat.

“Mungkin saja pasien yang pulih dinyatakan negatif karena hasil yang salah. Keakuratan uji asam nukleat adalah 30-50 persen,” ujar direktur Rumah Sakit Tongji, Wang Wei, dilansir Daily Mail dari media lokal CCTV.

Dokter mengungkap, sangat penting untuk memonitor pasien yang sembuh dan mengarantina mereka selama dua minggu bahkan setelah pulang dari rumah sakit.

Continue Reading

Dunia

Corona di Cina Mereda, Bioskop Siap Dibuka

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Cina – Virus corona atau COVID-19 di Cina semakin mereda. Kondisi tersebut membuat otoritas film mengambil langkah untuk membuka kembali bioskop-bioskop yang sempat tutup. Langkah awal dengan menayangkan film-film box office lawas seperti The Avengers (2012) serta Inception (2010).

Dilansir dari Deadline, pada Kamis (26/3/2020), akan ada sekitar 500 bioskop yang dibuka di Cina. Sebelumnya, ada sekitar 70 ribu layar bioskop yang terpaksa ditutup lantaran wabah corona pada akhir Januari.

“Akhir pekan terakhir ini menyaksikan 500 lebih bioskop dibuka, dan harapannya adalah situasi kembali normal dan terus berlanjut,” kata seorang sumber.

“Saya pikir ini lebih tentang membuat para penonton nyaman dengan pergi ke bioskop … Orang-orang harus diyakinkan,” lanjutnya dikutip dari tempo.co.

Selain akan menayangkan Inception, Warner Bros juga sudah mengonfirmasi akan menayangkan kembali film hit-nya, Interstellar (2014).

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com