Connect with us

Sumut

APTISI dan ABPPTSI Teken MoU dengan Kadin Sumut

Published

on

Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (APTISI) Wilayah I Sumatera Utara (Sumut) bersama Asosiasi Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Provinsi Sumut gelar acara Penandatanganan Kesepahaman Bersama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumut di Aula LLDIKTI Wilayah I

Geosiar.com, Medan – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (APTISI) Wilayah I Sumatera Utara (Sumut) bersama Asosiasi Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Provinsi Sumut melangsungkan acara Penandatanganan MoU Kesepahaman Bersama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumut. Kegiatan itu digelar pada 11 Maret 2020 di Aula LLDIKTI Wilayah I lantai 3 Jl Sempurna Tanjung Sari Medan, Sumut.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Kadin Sumut, Ivan Iskandar Batubara, Para Wakil Ketua dan Pengurus KADIN Sumut diantaranya Santri Sinaga (Wakil Ketua Umum Organisasi, Keanggotaan dan Pemberdayaan Daerah), Murlan Tamba (Wakil Ketua Umum Hubungan Antar Lembaga), Timbas Ginting (Wakil Ketua Umum Perkebunan dan Kehutanan), Haposan Siallagan (WKU Perhubungan), Hendra Arbie (WKU Perbankan), Usman Hasibuan (WKU Konstruksi dan Infrastruktur), Dr. Isa Indrawan (WKU Industri dan Perdagangan Halal), Hamlet Harahap (WKU Koordinator Wilayah Labuhan batu dan Asahan, Tj.Balai), Dahli Ibrahim (WKU Perdagangan/Bulog), Hendra Utama (Direktur Eksekutif KADIN Sumut) kemudian para komite tetap KADIN Sumut diantaranya, Frans T.Simbolon (Komite Tetap Perhubungan), Heru Tony (Komite Perdagangan Halal), Ronald Sinaga (Komite Tetap Pemberdayaan KADIN Kab/Kota), Antoni Simon (Komite Telematika dan Ristek).

Selain itu, hadir pula Tokoh Sumut dan Gubernur Sumut ke-17, Dr. Ir. Tengku Ery Nuradi, MSi, narasumber mewakili Generasi Millenial Siti Soraya Iskandar (Dara), dari Ivan Iskandar Institute, Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumut, Prof. Dian Armanto, MPd, MA, MSc,Phd. Ketua APTISI (Asosiasi Perguruan Tinggi Sumut) Wilayah I, Dr.Bahdin Nur Tanjung, dalam hal ini diwakili oleh Ibu Dr.Sri Rezeki, SE, MSi., beserta Para Pengurus dan Anggota APTISI Wilayah I Sumut, Ketua ABPPTSI (Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Sumut), Dr. OK Nazarudin Hisyam beserta para pengurus dan anggota ABPPTSI, dan Para Entrepreneurship, Pengusaha Sumut, serta Para Dosen Universitas Swasta di Sumut. Juga hadir perwakilan dari BUMN, diantaranya Telkom, Angkasa Pura II serta Garuda Indonesia.

Ketua Kadin Sumut, Ivan Batubara dalam sambutannya mengatakan, kerjasama ini akan menciptakan link and match antar para pihak supaya bisa saling bersinergi guna mengembangkan dunia pendidikan tinggi dan dunia usaha dan menjaga kesinambungan ekonomi nasional.

“Bagi Kadin, MoU ini dimaksudkan untuk generasi millenial sesudah kita, yang tentunya memiliki pandangan berbeda, memiliki minat yang berbeda, memiliki tantangan dan situasi yang sangat berbeda dengan situasi yang kita hadapi saat ini. Untuk itu, kita perlu mendengarkan apa minat yang sebenarnya dari generasi millenial ini,” ungkap Ivan Iskandar Batubara.

“Berbicara mengenai Optimalisasi Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya dalam pendidikan dan pengembangan skills, bahwa perlu banyak penguatan kurikulum dan pelatihan soft skill untuk menuju kampus merdeka yang saat ini ingin diwujudkan. Untuk itu, KADIN siap bersama Perguruan Tinggi untuk menyamakan frekuensi menghadapi gelombang tantangan di masa depan,” tambahnya.

Sementara Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumut, Prof. Dr. Dian Armanto, M.Pd, MA, M.Sc, Ph.D dalam sambutannya mengatakan, sinergitas diantara dunia pendidikan dan dunia usaha sangat diperlukan. Supply dan demand mesti selaras. Oleh karenanya, yang dapat dilakukan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia yakni melalui pola program pemagangan dan pendidikan langsung di industri (dunia kerja).

“Nantinya, pada saat penyusunan kurikulum pemagangan yang disusun oleh pihak kampus, pihak perusahaan juga ikut terlibat di dalamnya, hal ini dimaksudkan agar mahasiswa yang magang memiliki minat dengan bidang yang dimiliki, beberapa hal yang terjadi selama ini, mahasiswa prodi manajemen pemasaran/marketing tetapi pada saat magang ditempatkan di bagian gudang,” kata Dian.

“Isu mengenai perusahaan yang tidak ingin menerima mahasiswa yang ingin melakukan kegiatan magang. Hal ini menjadi bahan pertimbangan bagi Kadin Sumut sebagai induk organisasi pengusaha untuk mengajak pengusaha dan perusahaan agar dapat menerima mahasiswa magang, serta dapat memanfaatkan dana CSR untuk mahasiswa yang magang, misalnya untuk mahasiswa magang mendapatkan insentif transport atau bulanan magang. Pertemuan ini bukan lah yang pertama, sebelumnya dengan Ketua Kadin Sumut, Kepala LLDIKTI mengharapkan juga nantinya akan dibangun Politeknik oleh Kadin, semoga ide ini dapat terwujud,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Tokoh Sumut dan Gubernur Sumut ke-17, Dr.Ir.Tengku Ery Nuradi, MSi., menyampaikan bahwa era Revolusi Industri 4.0 sudah dihadapi, dengan perkembangan arus informasi yang sangat cepat. Maka perguruan tinggi sangat penting untuk menyesuaikan juga kurikulum dengan kebutuhan zaman. Beberapa prodi seperti yang ada di luar negeri supaya bisa dimiliki perguruan tinggi di dalam negeri.

Sumut

Anggota DPRD Sumut Aulia Agsa Pasien Corona Pertama yang Sembuh di Sumut

Published

on

Anggota DPRD Provinsi Sumut, Aulia Agsa

Geosiar.com, Medan – Anggota DPRD Provinsi Sumut, Aulia Agsa yang dinyatakan positif corona atau Covid-19 mengungkapkan kondisinya sudah dalam keadaan lebih baik.

“Alhamdulillah sebenarnya udah boleh pulang. Tapi, karena hasil swab kedua belum keluar, makanya masih di sini (RS Adam Malik),” kata Aulia saat dikonfirmasi pada Sabtu (4/4/2020).

Aulia mengatakan menyelesaikan masa isolasi selama 18 hari dengan baik.

“Kan aku sakit, Sabtu 3 minggu lalu. Artinya udah 3 minggu sejak mulai gejala kan. Sedangkan corona bertahan di tubuh itu 14 hari,” ungkapnya.

Saat di rawat atau diisolasi di RS Adam Malik, politikus Partai Gerindra ini mengaku diperlakukan dengan baik. Tidak lupa ia mengucapkan rasa terimakasih kepada tenaga medis.

“Makanan di sini pun dijaga,” tandasnya.

Diketahui sebelumnya Aulia Rizki Agsa dinyatakan positif virus corona atau covid-19. Hal itu diketahui Aulia setelah hasil tesnya keluar Selasa sore, 24 Maret 2020. Sebelum dinyatakan positif, Aulia juga sudah menjalani karantina atau isolasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik.

Sebelum menjalani isolasi, Aulia memiliki riwayat perjalanan ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), tepatnya Kota Manado.

“Waktu mau pulang dari Manado yang sempat demam tinggi, saya gak tau terpapar di mana, di Manado atau Jakarta. Tapi mungkin pas di Jakarta antara tanggal 4 – 8 Maret,” tutur dia.

Continue Reading

Sumut

Sekda Sumut: Medan, Deli Serdang Hingga Tanjungbalai Zona Merah Covid-19

Published

on

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina

Geosiar.com, Medan – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina mengumumkan, Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang dan Kota Tanjungbalai masuk ke dalam zona merah penyebaran virus corona (Covid-19). Tiga daerah tersebut memiliki kepadatan penduduk dan mobilitas masyarakat tinggi.

“Daerah ini menjadi pintu masuk dari luar. Karena itu, untuk penanganan Covid-19 yang tengah mewabah saat ini dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit dari pemerintah, mulai dari pusat hingga provinsi dan kabupaten/kota,” ujar Sabrina, Jumat (3/4/2020).

Sabrina mengungkapkan pihaknya bakal menyiapkan 1.500 ruang isolasi untuk pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona. Kini terdapat lima rumah sakit (RS) yang siap menjalankan protokol kesehatan Covid-19, yaitu RS GL Tobing, RS Martha Friska I dan II, RS Abdul Madan dan RS Gunungsitoli.

“Selain itu ada juga sebanyak 206 rumah sakit yang tersebar di Sumut,” tuturnya.

Sabrina, Hingga kini pihaknya telah menerima 2.850 Alat Pelindung Diri (APD) dan 10.800 alat rapid test. Ia menuturkan Pemprov Sumut juga sudah memesan 10 ribu APD tambahan.

Di sisi lain, lanjut Sabrina, Pemprov Sumut juga sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp500 miliar untuk penanganan virus corona. Akan tetapi, dengan perkembangan dan kondisi sekarang ini diperkirakan kebutuhan bisa mencapai Rp825 miliar.

“Untuk itu kami akan lakukan perubahan fokus anggaran kedua. Selanjutnya seperti yang kami pertanyakan ke Kemendagri, bahwa untuk insentif petugas medis yang bekerja, menjadi tanggungan dari daerah masing-masing (Pemprov) yang menyediakan,” tandasnya.

Sampai hari ini jumlah pasien positif corona di Sumut sebanyak 22 orang dan 3 pasien di antaranya meninggal dunia. Sedangkan total pasien positif terinfeksi virus corona di Indonesia secara kumulatif mencapai 1.986 kasus. Dari jumlah itu, 181 orang meninggal dan 134 orang dinyatakan sembuh.

Berikut sebaran kasus corona di Kota Medan. Update data terakhir pada Kamis 2 April 2020:

1. MEDAN SELAYANG

ODP : 20
PDP : 13

Covid (+) : 3
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 1
Sembuh : 0

2. MEDAN TIMUR

ODP : 16

PDP : 4
Covid (+) : 2

Meninggal Covid : 1

Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

BACA JUGA: Medan, Deli Serdang dan Tanjung Balai Zona Merah Covid-19 di Sumut

3. MEDAN PETISAH

ODP : 21

PDP : 5

Covid (+) : 3

Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

4. MEDAN PERJUANGAN

ODP : 33

PDP : 3

Covid (+) : 1
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 1

5. MEDAN POLONIA

ODP : 26
PDP : 0

Covid (+) : 0

Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

6. MEDAN BARU

ODP : 15
PDP : 3
Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0


7. MEDAN MAIMUN

ODP : 12
PDP : 3
Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0


8. MEDAN TEMBUNG

ODP : 35

PDP : 5
Covid (+) : 1
Meninggal Covid : 1
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0


9. MEDAN LABUHAN

ODP : 53
PDP : 3
Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

10. MEDAN MARELAN

ODP : 19
PDP : 0
Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

11. MEDAN JOHOR

ODP : 29
PDP : 10

Covid (+) : 1
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

12. MEDAN AREA

ODP : 26
PDP : 4
Covid (+) : 1
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

13. MEDAN AMPLAS

ODP : 30
PDP : 2
Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

14. MEDAN BELAWAN

ODP : 38
PDP : 0
Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

15. MEDAN TUNTUNGAN

ODP : 139

PDP : 11
Covid (+) : 2

Meninggal Covid : 1
Meninggal PDP : 1
Sembuh : 1

16. MEDAN DELI

ODP : 24
PDP : 2
Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

17. MEDAN BARAT

ODP : 35
PDP : 5
Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

18. MEDAN DENAI

ODP : 69

PDP : 9
Covid (+) : 1
Meninggal Covid : 0

Meninggal PDP : 2
Sembuh : 0

19. MEDAN HELVETIA

ODP : 12
PDP : 5

Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

20. MEDAN SUNGGAL

ODP : 28
PDP : 8
Covid (+) : 2
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

21. MEDAN KOTA

ODP : 24

PDP : 1

Covid (+) : 0
Meninggal Covid : 0
Meninggal PDP : 0
Sembuh : 0

Total ODP : 701

Total PDP : 96

Total Covid (+) : 17

Total Meninggal Covid : 3

Total Meninggal PDP : 4

Total Sembuh : 2

Continue Reading

Sumut

Dua Warga Langkat PDP Virus Corona

Published

on

Ilustrasi Pasien dan Tim Medis Virus Corona

Geosiar.com, Langkat – Satuan Tugas Gugus Percepatan Pencegahan Virus Corona atau COVID-19 Kabupaten Langkat mendata, hingga kini dua Pasien Dengan Pengawasan (PDP), yang mendapat perawatan di dua rumah sakit berbeda.

Hal tersebut disampaikan juru bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Langkat dr Muhammad Arifin Sinaga MAP, di Stabat, Sabtu (4/4/2020).

Arifin Sinaga mengatakan, hingga sekarang ini terdapat dua warga PDP sudah dirawat di rumah sakit. Satu pasien dirawat di rumah sakit GL Tobing PTPN II Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang untuk menjalani isolasi.

“Yang satu lagi mendapat perawatan juga dengan isolasi di Rumah Sakit Putri Bidadari Kecamatan Wampu Langkat,” katanya.

Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga saat ini masih berjumlah 26 orang dan itu menjalani isolasi mandiri di kediamannya masing-masing.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com