Connect with us

Dunia

Wakil Presiden Iran dan Dua Menteri Terinfeksi Virus Corona

Published

on

Wakil Presiden Iran Eshaq Jahangiri

Geosiar.com, Iran – Wakil presiden pertama Iran Eshaq Jahangiri serta dua menteri Iran lainnya dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19.

Diketahui, selama beberapa hari Jahangiri telah menghilang dari hadapan publik. Selain itu, dia juga absen dalam rapat Kabinet yang digelar setiap Rabu pagi. Pernyataan itu menurut informasi dari kantor berita Fars yang dikutip Kamis (12/3/2020).

Kepala Departemen Hubungan Masyarakat untuk wakil presiden dua hari yang lalu sempat menangkis isu yang mengatakan Jahangiri terserang virus Corona. Pihaknya juga mengatakan Jahangiri hadir di kantornya dan sempat berbicara dengan gubernur provinsi terkait situasi virus Corona di Iran.

Hingga kini pejabat di kabinet pemerintah belum membantah atau mengonfirmasi laporan yang diterbitkan oleh Fars, seperti dikutip dari Radio Farda.

Kantor berita Fars juga memuat daftar nama menteri yang dicurigai terinfeksi virus Corona. Nama-nama tersebut di antaranya ialah Mohammad-Javad Iravani, salah satu orang berpengaruh di kantor Petinggi Ali Khamenei.

Fars menyatakan, Iravani sudah dikarantina akan tetapi kesehatannya berangsur membaik. Iravani adalah anggota Dewan Kemanusiaan yang ditunjuk Khamenei. Anggota Dewan lainnya, Mohammad Mir-Mohammadi, meninggal karena virus Corona pada 2 Maret lalu.

Selanjutnya, tiga anggota kabinet lain yang sudah menjalani tes dan positif yakni Wakil Presiden untuk Pemberdayaan Perempuan Masoumeh Ebtekar, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Ali-Asghar Mounesan, dan Menteri Industri Reza Rahmani.

Dalam konferensi pers pada Rabu kemarin, juru bicara Kementerian Kesehatan Kianoush Jahanpour tidak menjelaskan kondisi kesehatan terkini Jahangiri ketika dirinya ditanya tentang kondisi kesehatan Jahangiri dan Menteri Kesehatan Iraj Harirchi. Hal itu langsung membuat semua orang menerka-nerka kondisi Jahangiri.

Iran merupakan negara yang paling parah diguncang wabah virus Corona di wilayah Timur Tengah. Hingga kini, keterangan pejabat kedokteran setempat Iran sudah mencatat setidaknya 9.000 kasus dan 354 korban meninggal akibat virus COVID-19.

Sumber Radio Farda menyatakan, lima anggota parlemen Iran sudah terinfeksi virus Corona dan dua anggota parlemen meninggal pada 21 Februari lalu.

Dunia

Rihanna Terus Salurkan Sumbangan untuk Tenaga Medis Virus Corona

Published

on

Rihanna

Geosiar.com, Seleb – Penyanyi Rihanna masih terus menyalurkan sumbangan untuk melawan virus Corona atau Covid-19. Kali ini, dia mendonasikan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis.

Dikutip dari CBS News pada Sabtu (28/3/2020), tenaga medis di sejumlah rumah sakit di New York juga kekurangan APD. Mereka kewalahan menangani pasien yang terus berdatangan. Seperti diketahui, jumlah kasus virus Corona di Amerika Serikat juga yang tertinggi di dunia.

Melalui organisasi nonprotifnya, yakni Clara Lionel Foundation, Rihanna memberikan sumbangan ke beberapa rumah sakit di New York. Hal tersebut disampaikan Gubernur New York, Andrew Cuomo.

“Aku ingin berterimakasih kepada Rihanna dan Rihanna Foundation atas donasi alat pelindung diri untuk New York,” kata Cuomo di Twitter.

Sebelumnya, Rihanna juga sempat menyumbangkan 5 juta Dollar melalui beragam organisasi. Donasinya itu ditujukan untuk bank makanan di AS, mempercepat tes Corona, hingga untuk negara-negara seperti Haiti dan Malawi.

Tak hanya Rihanna, banyak juga artis Hollywood yang memberikan sumbangan dalam jumlah besar terkait Corona. Misalnya Angelina Jolie, ia mendonasikan senilai Rp 16 miliar untuk anak-anak yang terdampak virus berpotensi mematikan ini.

Continue Reading

Dunia

Pasien Corona yang Sembuh di Cina Kembali Terinfeksi

Published

on

Ilustrasi Pasien Corona dan Tim Medis

Geosiar.com, Cina – Tim medis di Cina melaporkan ada sebanyak 14 persen pasien virus corona yang sudah sembuh kembali terinfeksi dan dinyatakan positif COVID-19 untuk yang kedua kalinya.

Hal tersebut menimbulkan kekhawatiran adanya second wave lantaran Cina sedang mengalami tingginya kasus imported case virus corona dan pasien tidak bergejala.

Kejadian serupa juga terjadi di Wuhan, episentrum virus corona di China. Sekitar 5-10 persen pasien di Wuhan kembali terinfeksi usai dinyatakan pulih.

Dokter di salah satu rumah sakit di Wuhan menemukan lima dari 147 pasien yang sembuh, kembali positif usai pemulihan. Pada studi yang dijalankan petugas medis di Wuhan, pasien pulih yang kembali dinyatakan positif kebanyakan tidak menunjukkan gejala.

Kini para ahli medis sudah mengajukan sejumlah cara untuk mendeteksi jejak virus pada pasien pulih, salah satunya menggunakan tes asam nukleat.

“Mungkin saja pasien yang pulih dinyatakan negatif karena hasil yang salah. Keakuratan uji asam nukleat adalah 30-50 persen,” ujar direktur Rumah Sakit Tongji, Wang Wei, dilansir Daily Mail dari media lokal CCTV.

Dokter mengungkap, sangat penting untuk memonitor pasien yang sembuh dan mengarantina mereka selama dua minggu bahkan setelah pulang dari rumah sakit.

Continue Reading

Dunia

Corona di Cina Mereda, Bioskop Siap Dibuka

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Cina – Virus corona atau COVID-19 di Cina semakin mereda. Kondisi tersebut membuat otoritas film mengambil langkah untuk membuka kembali bioskop-bioskop yang sempat tutup. Langkah awal dengan menayangkan film-film box office lawas seperti The Avengers (2012) serta Inception (2010).

Dilansir dari Deadline, pada Kamis (26/3/2020), akan ada sekitar 500 bioskop yang dibuka di Cina. Sebelumnya, ada sekitar 70 ribu layar bioskop yang terpaksa ditutup lantaran wabah corona pada akhir Januari.

“Akhir pekan terakhir ini menyaksikan 500 lebih bioskop dibuka, dan harapannya adalah situasi kembali normal dan terus berlanjut,” kata seorang sumber.

“Saya pikir ini lebih tentang membuat para penonton nyaman dengan pergi ke bioskop … Orang-orang harus diyakinkan,” lanjutnya dikutip dari tempo.co.

Selain akan menayangkan Inception, Warner Bros juga sudah mengonfirmasi akan menayangkan kembali film hit-nya, Interstellar (2014).

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com