Paus Fransiskus Batal ke Timor Leste karena Corona

by

Geosiar.com, Jakarta – Rencana kunjungan Pemimpin tertinggi umat katolik di dunia, Paus Fransiskus, ke Timor-Leste akhirnya dibatalkan. Pembatalan ini karena semakin meluasnya wabah virus corona atau COVID-19 di berbagai negara di dunia, termasuk kawasan negara-negara Asia Tenggara.

Perwakilan Vatikan untuk Timor-Leste, Nuncio Apostolik, Monsinyur Marco Sprizzi mengatakan Paus Fransiskus sudah menunjukkan keinginannya untuk mengunjungi Timor-Leste di tahun ini, namun mesti dibatalkan lantaran virus corona. Virus ini diketahui telah menewaskan ribuan orang di dunia.

“Kami sudah bekerja selama dua bulan untuk menyambut kunjungan Paus Fransiskus ke Timor-Leste tetapi karena virus corona yang sudah membunuh banyak orang, maka Paus Fransiskus membatalkan kunjungannya tahun ini dan memindahkan ke 2021,” ujar Nuncio Apostolik, Monsinyur Marco setelah bertemu Presiden Republik, Francisco Guterres Lu Olo di istana Presiden Ai-Tarak Laran di Ibu Kota Dili, Selasa (10/3/2020).

Paus Fransiskus sudah mempertimbangkan dengan baik ketika tiba nanti di Timor Leste akan ada banyak orang berkumpul dan datang menjemputnya, padahal saat ini penyebaran virus corona sedang ganas-ganasnya.

“Karena dia tidak mau umatnya terkena virus corona makanya dia membatalkan kunjungannya,” dia menjelaskan.

Mantan Perdana Menteri Kay Rala Xanana Gusmão pada 2011 silam sebelumnya sudah pernah meminta kepada Paus Fransiskus untuk mengunjungi Timor-Leste namun belum berhasil. Kini, Presiden Republik Timor Leste Franciso Guterres Lu Olo dan Perdana Menteri Taur Matan Ruak secara resmi sudah mengundang Paus Fransiskus untuk datang ke Ibu Kota Dili tetapi ditunda karena virus corona.